Adopsi Program BAZNAS, Sozecom Nigeria Tingkatkan Pengelolaan Zakat di Afrika

Pimpinan BAZNAS Prof. Zainulbahar Noor saat menerima kunjungan Sozecom Nigeria di Jakarta, Senin (31/7/2023) (foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Sokoto State Zakat and Endowment Comission (Sozecom) dari negara bagian Sokoto, Nigeria melakukan kolaborasi dan mengadopsi program-program yang dimiliki oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI untuk meningkatkan pengelolaan zakat di negaranya dalam rangka mengubah mustahik menjadi muzaki.

Salah satu program atau model yang diadopsi oleh lembaga amil zakat Nigeria itu adalah Kampung Zakat milik Kementerian Agama RI dan pemberdayaan pesantren yang dilakukan oleh BAZNAS.

“BAZNAS telah sangat berkontribusi pada perkembangan Sozecom. Jika anda pergi ke Nigeria, anda akan melihat replika program-program BAZNAS pada kegiatan Sozecom,” kata Muhammad Larawal Maidoki, Executive Chairman saat melakukan kunjungan ke Kantor , Jakarta, Senin (31/7).

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, UI Gelar Perkemahan Solidaritas Palestina

BAZNAS menerima kunjungan Sozecom dalam rangka memperkuat kerja sama yang telah terjalin sejak 2019 lalu.

Kunjungan Sozecom diterima oleh pimpinan BAZNAS RI Bidang Perencanaan, Kajian dan Pengembangan, Prof. Zainulbahar Noor.

Prof. Zainulbahar Noor mengatakan, kerja sama BAZNAS dan Sozecom memungkinkan kedua lembaga untuk saling berbagi pengetahuan mengenai pengelolaan zakat di masing-masing wilayah dan bekerja sama melalui berbagai program pengentasan kemiskinan.

“BAZNAS sangat terbuka dengan lembaga di dunia yang ingin mempelajari program-program penghimpunan dan penyaluran zakat BAZNAS. Kami pertemukan langsung Sozecom dengan tim teknis BAZNAS dan mustahik penerima manfaatnya agar dapat diadopsi di Sokoto,” katanya.

Zainulbahar berharap kerja sama BAZNAS dan Sozecom dapat semakin berkembang dalam rangka menyejahterakan umat.

Baca Juga:  Dijegal Irak, Timnas Indonesia U-23 Masih Berpeluang Ikut Olimpiade di Paris

Dalam kesempatan kunjungan tersebut pihak BAZNAS RI menyampaikan pemaparan seputar digitalisasi Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) serta program-program pendayagunaan zakat yang dilakukan oleh BAZNAS RI selama ini.

Muhammad Lawal Maidoki merupakan Wakil Sekjen World Zakat Forum (WZF), di mana Prof. Zainul Bahar Noor duduk sebagai ketua forum tersebut.

Sebelumnya, BAZNAS dan Sozecom telah menandatangani kerja sama yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) pada Juli 2019 lalu. Sozecom dinilai sangat aktif dalam mendorong peningkatan pengelolaan zakat di Afrika, salah satunya dengan mengajak berbagai organisasi zakat di benua tersebut untuk bergabung dengan WZF. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.