Adyaksa Dault: Bumi Perkemahan Membuat Perbedaan Jadi Kekuatan

meresmikan Bumi Perkemahan Sungai Aur, Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. (Foto: Humas)

Musi Rawas Utara, MINA – Ketua Kwarnas (Kwarnas) Gerakan , Adhyaksa Dault meresmikan keberadaan Bumi Perkemahan Sungai Aur, Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.

Ia juga membuka kegiatan Kemah Bersama untuk Pramuka Penggalang, Latihan Dasar Kepemimpinan untuk Pramuka Penegak, dan Karang Pamitran untuk Pembina Pramuka se-Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Bumi Perkemahan mempertemukan anak-anak Indonesia. Bumi Perkemahan menjadikan perbedaan sebagai kekuatan,” kata Adhyaksa dalam sambutannya di lapangan Bumi Perkemahan Sungai Aur, Jumat (16/3).

Dia mengatakan, di Bumi Perkemahan semua peserta bertemu dengan teman dari berbagai agama, budaya, suku, dan bahasa di Indonesia. Jadi, kemanusiaan, persatuan, bhinneka tunggal ika, dan nilai-nilai keadilan langsung ditemukan sendiri oleh para anggota Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan.

“Kekuatan dan kelebihan dari kegiatan luar ruangan adalah apa yang mereka lihat, dan rasakan, lakukan selama di alam bebas menjadi ilmu bagi mereka. Selain itu, interaksi dan partisipasi mereka juga meningkat. Lebih dari itu, mereka punya solidaritas dan kepekaan sosial,” kata Menpora periode 2004-2009 itu.

Adhyaksa menambahkan, pendidikan dalam ruangan dan luar ruangan saling menguatkan. Berbagai teori harus diwujudkan dalam bentuk bakti sosial, pengabdian masyarakat, kerelawanan harus terus kita hidupkan, di situlah salah satunya peran Gerakan Pramuka.

Adhyaksa juga mengimbau untuk bangkitkan daya tahan anak-anak di alam.

“Membangun tenda, memasak bersama, menjelajah alam, dan lain-lain adalah kegiatan yang bertujuan mengikis ego pribadi dan menyadarkan akan pentingnya gotong-royong,” ujar Adhyaksa.

Sementara itu, Bupati Musi Ruwas Utara, M. Syarif Hidayat mengapresiasi dan berterima kasih atas kesediaan Adhyaksa Dault meresmikan Bumi Perkemahan tersebut. “Kehadiran kakak telah kami nantikan selama ini,” ucap dia.

Menurut Hidayat, Gerakan Pramuka selama ini di Kabupaten Musi Rawas Utara berperan penting dalam pembinaan generasi muda. Banyak penghargaan telah diraih oleh mereka. Para anggota Gerakan Pramuka calon pemimpin bangsa Indonesia di masa depan. (R/R09/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.