AICIS 2019: 1.700 Sarjana Muslim Lintas Negara Bahas Islam di Era Digital

Jakarta, MINA – Annual International Conference On Islamic Stuides (AICIS) tahun 2019 yang dihadiri sekitar 1.700 dari berbagai negara membahas dinamika .

yang diadakan kembali oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Ditjen Pendis Kemenag) berlangsung pada 1-4 Oktober dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

”Zaman telah berubah, semua urusan hidup kita sudah ada di ponsel. Pendidikan Islam harus beradaptasi untuk masuk ke dalam paradigma baru. Pengajaran saat ini tentu saja bukan hanya text book lagi. Generasi saat ini harus didorong kreatif,” ujar Rudiantara di Jakarta, Selasa (1/10).

Menurutnya, pendidikan Islam punya peran strategis sebagai imunisasi generasi muda menangkal hoaks.

“Karena jumlah lembaga pendidikan Islam yang besar, itu sangat potensial untuk mengambil peran,” ujar Menkominfo.

Sebelumnya, Dirjen Pendis Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, Indonesia merupakan negara Muslim berpengaruh di dunia dan selalu menjadi kajian utama tentang keislaman dan kultural. Maka, Kemenag memprakarsai pertemuan sarjana Muslim sedunia agar studi Islam di Indonesia dapat lebih berperan dalam menjawab persoalan keislaman dunia.

Ia menjelaskan, setiap tahun dunia Islam mendapat tantangan baru yang harus selalu dijawab. Maka Indonesia sebagai negara Islam terbesar di dunia harus menunjukkan kontribusi yang signifikan. Salah satunya melalui ajang AICIS yang diselenggarakan setiap tahun.

“Kami semua berkepentingan agar studi Islam selalu mengikuti perkembangan zaman dan tidak teralienasi dari dinamika sosial di masyarakat,” kata Kamaruddin.

Menurutnya,  AICIS dapat dipergunakan untuk menyebarkan gagasan populisme dan kedamaian dunia melalui forum diskusi dan resolusi yang dihasilkan.

“Para akademisi dan pakar keislaman memiliki posisi strategis dalam merumuskan bentuk respons yang positif terhadap berbagai dinamika yang ada,” tambahnya. (R/R10/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.