Amin Baco Pemimpin ISIS Asia Tenggara yang Baru

Ilustrasi: militan Asia. (Foto: AA)

Manila, MINA – Militan Malaysia ahli merakit bom, Amin Baco alias Jihad, adalah “emir” baru kelompok Islamic State (ISIS) di Asia Tenggara, Kepala Polisi Filipina Direktur Jenderal Ronald Dela Rosa mengatakan pada Senin (6/11).

Informasi itu berdasarkan dari keterangan militan asal Indonesia Muhammad Ilham Syahputra di Camp Crame di Manila, Filipina. Demikian Anadolu Agency memberitakannya yang dikutip MINA.

Syahputra yang ditangkap saat mencoba melarikan diri di Marawi pekan lalu mengatakan bahwa Baco dipilih oleh anggota ISIS menyusul kematian Hapilon.

Syahputra mengaku dirinya tiba di Filipina November tahun lalu atas undangan Hapilon. Dia juga mengatakan bahwa dia bertempur berssama kelompok teror Maute dan mengungkapkan bahwa sekitar 39 militan masih berada di dalam zona pertempuran.

Baca Juga:  Militan Irak Serang Pelabuhan Haifa Israel dengan Rudal Jelajah

Wakil Direktur Jenderal Fernando Mendez Jr. menekankan bahwa Baco adalah “salah satu teroris tetap terlama di Filipina.”

Mendez juga mengungkapkan bahwa Baco dilatih oleh rekan ahli bom Malaysia Zulkifli bin Hir yang juga dikenal sebagai Marwan.

Baco yang digambarkan sebagai ahli pembuatan bom, dicari oleh pemerintah Amerika Serikat dan Filipina karena tuduhan penculikan dan pengeboman. (T/RI-1/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan