Angkatan Laut Israel Serang Kapal-kapal Nelayan Gaza

nelayan gaza
(Foto: Arsip)

 

, 2 Rabi’ul Akhir 1438/1 Januari 2017 (MINA) –  Sebuah Kapal Perang Angkatan Laut , Ahad (1/1) pagi menembaki ke arah kapal-kapal milik nelayan saat berlayar di lepas , demikian Kantor Berita Palestina WAFA melaporkan yang dikutip MINA.

Para nelayan mengatakan bahwa mereka menjadi sasaran tembakan yang dilancarkan Angkatan Laut Israel, dan dipaksa untuk meninggalkan wilayah pantai karena takut dibunuh, terluka atau ditangkap.

WAFA melaporkan, tidak ada laporan korban jiwa dalam serangan ini.

Angkatan Laut Israel menargetkan nelayan Gaza hampir setiap hari, suatu hal yang merupakan pelanggaran terang-terangan dari perjanjian gencatan senjata yang dicapai antara Israel dan  Palestina pada Agustus 2014 di Kairo atas mediasi Mesir, setelah 51 hari agresi Israel di  Gaza, yang merenggut nyawa lebih dari 2.200 warga Palestina, kebanyakan warga sipil.

Menurut Pusat Hak Asasi Manusia Palestina (PCHR), semua serangan Israel terhadap nelayan Palestina telah terjadi dalam jarak enam mil laut, yang katanya “membuktikan bahwa aksi pasukan Israel itu bertujuan untuk memperketat pembatasan wilayah di mana nelayan bisa melaut untuk mengurangi mata pencaharian mereka.” (T/R05/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.