Apa yang Engkau Lakukan untuk Bela Palestina? 

(Foto: Doc. MINA)

Oleh: Syakuri SH, Pemerhati isu Timur Tengah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ اِلَّا تَفْعَلُوْهُ تَكُنْ فِتْنَةٌ فِى الْاَرْضِ وَفَسَادٌ كَبِيْرٌۗ

Dan orang-orang yang kafir, sebagian mereka melindungi sebagian yang lain. Jika kamu tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah (saling melindungi), niscaya akan terjadi kekacauan di bumi dan kerusakan yang besar. (Al-Anfal 73).

Menurut sebagian mufasir pada ayat ini Allah menegaskan bahwa semua orang kafir meskipun berlainan agama dan aliran, karena ada di antara mereka yang musyrik, Nasrani, Yahudi dan sebagainya, dan meskipun antara mereka sendiri terjadi perselisihan dan kadang-kadang permusuhan, mereka semua bisa menjadi kawan setia antara sesama mereka dalam berbagai urusan.

Sebagian mereka menjadi pemimpin bagi yang lain bahkan kadang-kadang mereka sepakat untuk memusuhi dan menyerang kaum Muslimin seperti terjadi pada perang Khandaq hingga saat ini.

Maka, kaum Muslimin harus menggalang persatuan yang kokoh dan janganlah sekali-kali mereka mengadakan janji setia dengan mereka atau mempercayakan kepada mereka untuk mengurus urusan kaum Muslimin, karena hal itu akan membawa kepada kerugian besar atau malapetaka.

Allah memperingatkan bila hal ini tidak diindahkah maka akan terjadilah fitnah dan kerusakan di muka bumi.

Surat al-Anfal ayat 73 di atas merupakan ayat qauliyah. Adapun ayat kauniyah, dapat diketahui antara lain, para pemimpin Amerika Serikat (AS), Perancis, Jerman, Italia dan Inggris berjanji untuk mendukung Israel.

Amerika Serikat mengirimkan bantuan militer, kapal-kapal perang, kapal penjelajah rudal dan empat kapal perusak rudal, jet tempur dan bala tentaranya ke Israel, sebagai dukungan kepada Israel, kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin.

Sebelum itu, Israel mendapat gelontoran dana setidaknya Rp.55 triliun per tahun dari Amerika Serikat, termasuk untuk sistem Iron dome (Kubah Besi) untuk mencegat roket dari para pejuang .

Berapa besar bantuan AS untuk Israel?

Pada tahun 2020, AS memberikan US$3,8 miliar (sekitar Rp.55 triliun) dalam bentuk bantuan kepada Israel. Ini merupakan bagian dari komitmen tahunan jangka panjang yang dibuat di masa pemerintahan Presiden Barack Obama.

Hampir seluruh bantuan yang disalurkan tahun lalu adalah bantuan militer, menurut Congressional Research Service (CRS).

Kesepakatan yang diteken oleh mantan Presiden Obama pada 2016 itu direncanakan berlaku hingga tahun 2028. Dengan demikian total bantuan militer yang akan diterima Israel mencapai US$38 miliar (sekitar Rp.546 triliun).

Amerika Serikat memberikan bantuan begitu besar kepada Israel, di antaranya adalah komitmen historis mulai dari ketika AS memberikan dukungan atas pembentukan negara Yahudi pada tahun 1948 hingga saat ini.

Apa pembelaan kita untuk Palestina?

Saat ini kita belum mampu mengirimkan bantuan militer untuk membela saudara kita di Paletina. Namun kita masih punya Allah yang Maha Kuat, Maha Perkasa dan mengabulkan doa orang-orang yang dizalimi.

Doa adalah senjata kita,

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم  الدعاء سلاح المؤمن وعماد الدين ونور السموات والأرض  رواه الحاكم وقال صحيح الإسناد ورواه أبو يعلى من حديث علي.

Dari Abu Hurairoh,-semoga Allah meridloinya- berkata : Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : ” Doa adalah senjatanya orang beriman, tiangnya agama dan cahayanya langit dan bumi “. HR Al Hakim, dan beliau berkata : “sanadnya shohih”. HR Abu Ya’la dari haditsnya Ali.

Maka berdoalah di setiap waktu, tempat dan keadaan yang mustajab.

Dan doa kita harus dibarengi ikhtiar dan usaha konkrit. Di antaranya adalah memboikot sebagian produk penyumbang Zionis, kalau belum bisa seluruhnya.

Penulis menerima informasi dari sumber yang bisa dipercaya, bahwa dalam percakapannya melalui sambungan telepon dari , Kamis, (26/10) mujahid Gaza menyampaikan pesan kepada rakyat Indonesia, diminta stop merokok, sebagai bentuk pembelaan terhadap Palestina.

Karena setiap kita membeli produk-produk penyumbang Zionis dan mengisap rokok artinya kita memberikan sekian rupiah untuk Zionis yang kemudian dibelikan peluru untuk membunuh saudara-saudara kita di Palestina.

Sesuatu yang besar berawal dari hal yang kecil. Maka lakukan pembelaan sekecil apapun usaha kita termasuk stop merokok.

Wallahu a’lamu bis-showab.

(AK/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.