Arab Saudi – Jepang Tandatangani Kerjasama Pertahanan

Tokyo, 1 Dzulhijjah 1437/3 September 2016 (MINA) – Pemerintah Saudi dan pada Jumat (2/9) menandatangani kesepakatan dalam bidang .

Kesepakatan ditandatangani oleh Deputi Putera Mahkota Saudi Muhammad Bin Salman, yang juga Menteri Pertahanan, dengan  Putera Mahkota Jepang Naruhito di Tokyo, Saudi Gazette melaporkan.

Kesepakatan menandai peningkatan hubungan bilateral Saudi-Jepang, terutama dalam bidang pertahanan.

Sebelumnya, Pangeran Muhammad dan Menhan Jepang Tomomi Inada membahas pertahanan bilateral dan hubungan militer antara kedua negara serta cara dan sarana untuk lebih meningkatkan hubungan mereka.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida mengatakan, Arab Saudi merupakan mitra ekonomi penting dan pemain kunci dalam stabilitas di Timur Tengah.

Kishida menyebut negaranya tertarik untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Kerajaan Saudi pada berbagai bidang seperti pertahanan, ekonomi, budaya, informasi.

Ia menambahkan, bahwa Timur Tengah sedang menghadapi tantangan sulit, dengan munculnya ekstremisme, pengangguran dan ketidakstabilan.

Ia juga mengatakan, negaranya tertarik untuk memperkuat kemitraan dengan Saudi dan memberikan kontribusi terhadap pencapaian stabilitas di Timur Tengah.

Fumio Kishida menekankan perlunya mencari solusi terbaik untuk krisis di Timur tengah, khususnya yang sedang berlangsung di Suriah dan Yaman.

Selain kerjasama pertahanan, kedua negara juga sepakat meningkatkan kerjasama budaya, dan informasi, melalui pembicaraan Menteri Kebudayaan dan Informasi Saudi Dr Adel Al-Turaifi serta rekannya Menteri Budaya Jepang Hiroshi Hase.

Keduanya telah mendiskusikan strategi budaya bersama Arab-Jepang dalam mendukung Visi Kerajaan 2030 .

Kedua pemimpin juga membahas rencana untuk mengaktifkan pertukaran budaya antara kedua negara. (T/P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.