Arab Saudi Sambut Pulihnya Hubungan Diplomatik Bahrain dan Qatar

(Foto: Anadolu)

Riyadh, – Arab Saudi, Kamis (13/4), menyambut pulihnya antara dan , yang diumumkan setelah pertemuan komite tindak lanjut kedua Qatar-Bahrain di Riyadh.

Kementerian Luar Negeri Saudi memuji langkah konstruktif ini, yang menegaskan kekokohan hubungan di antara anggota (GCC) dan memajukan aksi bersama Teluk yang mencapai aspirasi negara dan rakyat di kawasan itu. Saudi Gazette melaporkannya.

Amerika Serikat juga mengucapkan selamat kepada Bahrain dan Qatar atas keputusan mereka untuk melanjutkan hubungan diplomatik, kata Wakil Juru Bicara Utama Departemen Luar Negeri Saudi Vedant Patel.

“Terobosan ini merupakan langkah penting dalam upaya bersama kita untuk membentuk kawasan yang lebih terintegrasi, stabil, damai dan sejahtera,” kata Patel dalam siaran pers sehari setelah kedua negara GCC mencapai kesepakatan terkait hal tersebut.

Baca Juga:  Delegasi Media UEA Kunjungi MINA

“Amerika Serikat akan terus bekerja secara aktif dengan mitra regional untuk memajukan tujuan bersama kawasan Timur Tengah yang lebih terintegrasi, stabil, dan sejahtera,” tambahnya.

Sekretaris Jenderal GCC Jassem Albudaiwi mengapresiasi langkah tersebut, yang bermula dari arahan para pemimpin negara-negara GCC yang dikeluarkan pada “Sultan Qaboos and Sheikh Sabah Summit” yang digelar di AlUla pada 2021.

Ia menambahkan, instruksi tersebut mewujudkan keinginan para pemimpin GCC untuk mengamankan masa depan dan melindungi kohesi Dewan sejalan dengan atribut kunci dari mata rantai yang menghubungkan negara-negara anggota Dewan, termasuk ikatan kekerabatan, persahabatan, persaudaraan, sejarah dan takdir bersama, serta persatuan yang merupakan pilar pawai diberkati GCC.

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

Dalam sebuah pernyataan, Parlemen Arab yang berbasis di Kairo memuji perjanjian Bahrain-Qatar sebagai “langkah positif untuk meningkatkan aksi bersama Arab serta keamanan dan stabilitas regional.” (T/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.