Arsip Israel: David Ben-Gurion Serukan Penghancuran Desa-Desa Palestina

Pengungsi Palestina menyelamatkan diri dari rumah mereka selama Nakba tahun 1948. (WAFA)

Tel Aviv, MINA – Sebuah situs arsip negara Israel telah mengungkapkan bahwa , perdana menteri pertama pendudukan Israel, mengatakan pada tahun 1948 bahwa beberapa harus dihancurkan karena mereka “merupakan bahaya besar”, harian Israel Haaretz melaporkan.

Komentar Ben-Gurion dibuat dalam pertemuan pemerintah membahas perang yang mengarah pada pembentukan Israel, surat kabar itu melaporkan pada hari Rabu (5/1).

Pernyataan Ben-Gurion diunggah di situs Arsip Negara sebagai bagian dari dokumen yang merinci notulen rapat pada Juli 1948.

Bagian dari dokumen disensor menggunakan pemadaman digital, tetapi kesalahan teknis memungkinkan kegagalan sensor dengan satu klik – mengungkapkan segmen yang disensor, Haaretz melaporkan.

Versi yang disensor menunjukkan Ben-Gurion mengatakan, “Saya menentang penghancuran desa secara besar-besaran,” tetapi begitu pemadaman listrik dicabut, dia tampaknya menambahkan: “Tetapi ada tempat-tempat yang merupakan bahaya besar dan merupakan bahaya besar, dan kita harus musnahkan mereka. Tapi ini harus dilakukan secara bertanggung jawab, dengan pertimbangan sebelum bertindak.”

Baca Juga:  39 Peserta Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umrah di UIN Ar-Raniry

Dalam bagian sebelumnya dari risalah pertemuan, menteri pertanian saat itu Aharon Zisling dikutip mengatakan, dia “dapat memaafkan kasus pemerkosaan” yang dilakukan oleh orang Yahudi terhadap perempuan .

“Mari kita katakan bahwa kasus pemerkosaan terjadi di Ramle. Saya bisa memaafkan kasus pemerkosaan, tapi saya tidak akan memaafkan tindakan lain,” kata Zisling, menurut dokumen itu. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.