ARTIS HOLLYWOOD TANDA TANGANI PETISI DUKUNG ISRAEL

Arnold Schwarzenegger, Sylvester Stallone. Foto: Dave Allocca/Startraks
Arnold Schwarzenegger, Sylvester Stallone. Foto: Dave Allocca/Startraks

Jakarta, 28 Syawwal 1435/24 Agustus 2014 (MINA) – Sejumlah aktor, sutradara dan pekerja film  terkemuka  Hollywood, menandatangani dukungan atas apa yang sedang lakukan terhadap , aksi yang kemudian juga ramai diperbincangkan dunia maya.

Petisi yang dibuat lembaga pendukung Israel “Komunitas Kreatif untuk Perdamaian” (CCFP) ditandatangani oleh pesohor-pesohor terkemuka seperti  Arnold Schwarzenegger, Sylvester Stallone, Sarah Silverman, Minnie Pengemudi, Ziggy Marley, Seth Rogen, Kelsey Grammer, Tom Arnold, Benji Madden, sutradara Ivan Reitman, penulis Aaron Sorkin, produser Michael Rotenberg , komposer Michael Nyman, produser Haim Saban, manajer Justin Bieber Scooter Braun dan banyak lainnya.

Menurut harian Israel Haaretz yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad, meskipun ada perbedaan pendapat di Hollywood dalam menciptakan perdamaian di Timur Tengah, namun mereka menentang aksi boikot yang dilakukan  aktivis dan lembaga internasional terhadap Israel.

Petisi dikabarkan juga menyesali korban berjatuhan di kedua pihak, namun mengecam tindakan  para pejuang perlawanan dalam hal ini . Padahal, al Qassam, sayap militer Hamas, merupakan satu-satunya gerakan perlawanan terbesar di Gaza, dan berusaha memberikan kemerdekaan Gaza dari penjajahan Israel.

Boikot yang diprakarsai BDS (Boycott, Divestment, Sanctions) di lebih 23 negara telah membuat Israel khawatir dan sampai menyelenggarakan pertemuan darurat kabinet  beberapa waktu lalu.

Namun, tidak semua artis Hollywood menandatangani petisi yang bernada pro Israel tersebut. Artis-artis seperti Rihanna, Selena Gomez, Mark Ruffalo, Coldplay Penelope Cruz, Javier Barden dan Russell Brand, dan lainnya berpendapat lain, sehingga mendapat kecaman setelah memperlihatkan aksi mereka yang anti-Israel.

“Hamas tidak bisa dibiarkan terus menghujani roket ke kota-kota Israel, juga tidak dapat diizinkan untuk menyandera rakyatnya sendiri,” pernyataan dalam petisi pro Israel menyebutkan.

Kampanye CCFP itu mengklaim berhasil membuat Rihanna menarik kembali foto “Free Palestine” dalam akun instagramnya beberapa waktu lalu yang menuai protes dari pihak barat.  Mereka juga melakukan hal yang sama terhadap postingan dukungan Selena Gomez untuk hal serupa.

Penelope Cruz dan suaminya Javier Bardem menandatangaani surat terbuka menentang genosida yang dilakukan tentara pendudukan Israel. Tindakan ini membangkitkan kemarahan sejumlah produsen film Hollywood.

Salah satu produsen top yang telah bekerja dengan Cruz mengatakan, ia pribadi bersumpah tidak akan mempekerjakan Cruz lagi. Top eksekutif Hollywood lain juga secara pribadi menyatakan ketidaksetujuan mereka. Ia menyatakan marah kepada pasangan Javier dan Penelope, dan tidak yakin akan bekerja sama dengan pasangan Spanyol ini lagi.

Pemimpin eksekutif Relativity Media, Ryan Kavanaugh, adalah satu-satunya kepala studio yang bersedia terbuka dengan pandangannya, “Sebagai cucu korban Holocaust (pembunuhan massal Yahudi ketika Perang Dunia II- Red), saya tahu bahwa siapapun yang menyerukan apa yang terjadi dalam genosida Israel versus pertahanan diri, adalah kesalahan yang bodoh, dan semestinya tidak berkomentar, atau dia benar-benar anti-Semit.”(T/R04/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0