Gandeng BKSAP DPR RI, AWG Gelar Bulan Solidaritas Palestina 2023

(Doc. AWG)

Jakarta, MINA – Lembaga kemanusiaan yang konsentrasi pada pembelaan , akan menggelar pembukaan (BSP) 2023 pada Rabu, 1 November 2023/17 Robiul Awal 1445 H.

Acara pembukaan dilengkapi dengan forum diskusi atau Focus Group Discussion (FGD) bersama Non Goverment Organization (NGO) yang rencananya dilaksanakan di Ruang Pansus B, Gedung Nusantara ll DPR RI, Jakarta.

Kegiatan ini akan menghadirkan tokoh sebagai pembicara, di antaranya Duta Besar Palestina untuk Indonesia H.E. Zuhair Al Shun, Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Dr. H. Fadli Zon, dan Pembina Aqsa Working Group Imaam Yakhsyaallah Mansur.

Pembicara lainnya, antara lai: Direktur Timur Tengah Kemenlu RI Bagus Hendraning Kobarsyih, Ketua Grup Kerjasama Bilateral (GKSB) DPR RI untuk Palestina Dr. H. Syahrul Aidi Maazat, Ketua Presidium MER-C dr. Sarbini Abdul Murad, Ketua Presidium AWG Ir. Nur Ikhwan Abadi, serta Ketua Maemuna Center Onny Firyanti Hamidy.

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

Acara pembukaan BSP akan dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dijadwalkan akan usai pada pukul 11.30 WIB dilanjutkan dengan forum diskusi. Dengan mengusung tema “Bergerak Berjama’ah Tolak Pemisahan ”.

“Bulan Solidaritas Palestina adalah momentum untuk membuktikan bahwa rakyat Indonesia selalu bersama rakyat Palestina dalam kondisi apapun, terlebih dalam situasi perang saat ini peran solidaritas yang diperlihatkan oleh rakyat Indonesia dan seluruh rakyat internasional menunjukkan bahwa merupakan penjajah dan pemerintahan Netanyahu adalah pemerintahan yang biadab,” ujar Rifa Berliana Arifin selaku Ketua Panitia .

“Terkait dengan tema, ‘Bergerak berjamaah tolak pembagian Masjid Al Aqsa’ merupakan isu sentral yang saat ini kita terus melakukan informasi dan sosialisasi kepada semua pihak di Indonesia, dan mudah-mudahan mereka bisa menyadari bahaya yang saat ini sedang mengancam terhadap kiblat pertama umat Islam,” tambahnya.

Baca Juga:  Tanda-Tanda Israel Kiamat!

Rangkaian acara Bulan Solidaritas Palestina (BSP) 2023 akan dilaksanakan selama satu bulan penuh mulai 1-29 November 2023 / 17 Robiul Akhir – 15 Jumadil Awal 1445 H di Jakarta dan tersebar di seluruh Indonesia serta beberapa negara pro-Palestina di dunia.

“BSP tahun ini menjadi BSP terberat karena kita harus bekerja lebih ekstra dengan situasi yang saat ini terjadi di Jalur Gaza. Mudah-mudahan program-program BSP bisa menjadi terobosan bagi kemajuan diplomasi, kemajuan registrasi, perjuangan seluruh level pemerintah dan rakyat Indonesia untuk kemerdekaan dan kebebasan Masjidil Aqsa,” ujar Rifa.

Rangkaian acara BSP 2023 diantaranya Festival Aqsa, Daurah Al-Quds/Diskusi Internasional, Sarasehan, Pameran Foto, Talkshow Millenial Peacemaker Forum, Football Competition, Gowes Cinta Al-Aqsa, Pengibaran Bendera Indonesia dan Palestina di Puncak Gunung, Pengibaran Bendera di Masjid-Masjid, serta Bakti Sosial.

Baca Juga:  Sudah 92% Visa Jamaah Haji Reguler Indonesia Terbit

“Dalam konteks kegiatan BSP yang memiliki 12 aktivitas selama bulan November secara penuh, kita berharap semua bisa mendukung kegiatan ini baik dari High Level pemerintahan, parlemen, NGO, LSM, tokoh dan ulama bisa menjadi komponen penting dalam menyuarakan solidaritas terhadap perjuangan rakyat Palestina,” katanya.

Acara tersebut akan digelar secara offline dan ditayangkan di kanal Youtube Al-Jamaah TV.

Rangkaian acara BSP 2023 merupakan tahun ketiga setelah diselenggarakan berturut-turut sejak 2021. Namun pada 2021, kegiatan ini pertama kali digelar dengan nama Pekan Solidaritas Palestina. (L/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.