Bantu Siswa Siapkan UN dan SBMPTN, Ruangguru Luncurkan Tampilan Baru

Jakarta, MINA – Sistem penerimaan Siswa Baru Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan mengalami berbagai perubahan dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, peserta harus mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) terlebih dahulu, kemudian nilai yang diperoleh dapat digunakan untuk mendaftar pada universitas dan program studi yang dituju.

Dalam upaya membantu siswa menghadapi Ujian Nasional (UN) dan SBMPTN 2019, telah menyiapkan berbagai materi konten di ruangbelajar seperti soal dan video pembahasan SBMPTN dari tahun 2014-2018. Tak hanya itu, terdapat juga prediksi soal UTBK SBMPTN 2019 dan setiap pengguna Ruangguru bisa mengikuti Tryout Online gratis untuk menghadapi UN dan SBMPTN 2019. CPO dan pendiri Ruangguru, Iman Usman mengatakan dalam keterangan pers yang diterima MINA, Senin (25/2).

“Dulu kalau mau ujian, latihan soal biasanya jadi salah satu komponen persiapan yang wajib dilakukan. Nah, Ruangguru ingin mempermudah aktivitas ini dengan meluncurkan . Siswa tinggal foto saja soal-soal latihan UN dan SBMPTN nya, nanti roboguru secara otomatis akan memunculkan jawaban serta tahap menjawabnya hanya dalam waktu beberapa deti,” ujarnya.

Selain itu, imbuhnya, juga akan ditampilkan soal-soal lain yang serupa dengan tipe soal yang difoto oleh siswa.

Sejak diluncurkan pada tahun 2017, produk ruangbelajar yaitu bimbel online berbasis aplikasi dengan video belajar beranimasi, latihan soal, serta rangkuman berbentuk infografis telah menjadi platform favorit siswa yang telah digunakan lebih dari 10 juta pengguna.

Maka untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam proses belajar, aplikasi Ruangguru melakukan revamp besar-besaran yang menghasilkan tampilan baru dengan lebih fresh. Perubahan pertama adalah, pengguna langsung dapat mengakses ruangbelajar pada halaman utama dengan memilih jenjang, kurikulum, dan mata pelajaran yang diinginkan.

Selain tampilan baru, aplikasi Ruangguru juga kini dilengkapi dengan berbagai fitur baru, salah satunya adalah roboguru yaitu robot yang dapat menjawab soal latihan Ujian Nasional (UN) dan SBMPTN.

Dengan sistem ini, lanjut Iman, kita berharap belajarnya siswa bisa jadi lebih praktis. Layanan ini juga bisa dicoba dan tidak dikenakan kuota.

Tim Ruangguru juga sudah menyiapkan berbagai analisa mengenai topik-topik serta pola soal-soal yang sering muncul di SBMPTN selama 10 tahun terakhir, contohnya di dalam Matematika Dasar topik Barisan dan Deret selalu keluar setiap tahun dan muncul 3 kali lipat lebih sering dari topik Eksponen.

CEO dan pendiri Ruangguru, Belva Devara mengatakan, pihaknya sangat gembira dengan pencapaian yang berhasil di raih di tahun ini. Ruangguru tumbuh lebih dari 20 kali lipat dalam 6 bulan terakhir.

Di tahun 2018, Ruangguru menjadi aplikasi nomor 1 di Google Play untuk kategori pendidikan dan mendapatkan posisi 3 teratas aplikasi populer di Indonesia Google Play User’s Choice Award 2018.

“Kami di Ruangguru akan selalu berinovasi agar konten pendidikan bisa diakses dengan mudah dari seluruh penjuru negeri. Para pengguna bisa mengunduh dan update aplikasi Ruangguru versi terbaru di Google Play untuk merasakan sendiri pengalaman belajar yang berbeda dari Ruangguru,” pungkas Belva.

Sebagai informasi, Ruangguru merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan saat ini telah memiliki lebih dari 10 juta pengguna terdaftar.

Salah satu produk unggulan Ruangguru yaitu ruangbelajar yang menawarkan video belajar beranimasi, latihan soal, dan rangkuman berbentuk infografis serta tryout persiapan ujian. (R/R09/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.