Bertemu JK, Wakil PM Selandia Baru Siap Fasilitasi WNI Korban Teror Christchurch

Wapres RI, Jusuf Kalla dan Wakil PM Selandia Baru, Winston Peters (Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada Rabu (20/3), selain membuka secara resmi forum Dialog Level Tinggi Kerjasama Indo Pasifik (HLDIPC), ia juga melakukan pertemuan bilateral dengan , Winston Peters di Hotel Fairmont, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil PM Selandia Baru menyampaikan duka citanya atas warga negara Indonesia yang menjadi korban aksi teror dua masjid di Christchurch.

Winston yang juga menjabat sebagai Menteri Luar Negeri tersebut mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah Indonesia dalam masa sulit ini dan memastikan Pemerintah Selandia Baru memfasilitasi seluruh korban, termasuk dari WNI.

“Baru saja terjadi sejarah baru di Selandia Baru terkait kejadian kemarin, kami berduka atas korban meninggal satu warga negara indonesia dan dua orang terluka dan satu masih dirawat,” kata Winston.

dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan belasungkawa secara langsung kepada Pemerintahan Selandia Baru atas kejadian aksi teror tersebut.

“Kita baru saja melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri New Zealand, pertama pemerintah dan rakyat mengucapkan bela sungkawa daripada (penembakan di) masjid Chriscruch,” kata Wapres RI kepada media dalam konferensi persnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Selandia Baru yang cepat dalam penanganan aksi teroris tersebut. Termasuk melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku teror. “Dan saya mengucapkan terima kasih karena secepatnya pulih di sana, dan ditangkap,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, selain membahas hubungan bilateral antara Indonesia dan Selandia Baru. Ke depan, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi. (L/Sj/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.