BI Salurkan Bantuan Display Informasi Kemaritiman Kepada Nelayan di Banda Aceh

Banda , MINA – Guna membantu para di kota Banda Aceh, (BI) menyerahkan satu unit Display, berisi informasi kemaritiman yang disuplai langsung oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Aceh.

Display berukuran 42 Inch ini, dipajang di kampung nelayan, Ulee Lheue Banda Aceh, Rabu (11/9).

“Ini percobaan, jika bermanfaat akan kita salurkan ke beberapa kampung nelayan lainnya yang ada di Aceh,” kata Zainal Arifin Lubis, Kepala BI Aceh.

Zainal menambahkan, pihaknya menyediakan display, sementara data kemaritiman, akan disuplai langsung oleh BMKG.

Data yang disuplay tersebut berupa informasi cuaca, tinggi gelombang, dan juga kecepatan angin, sehingga nelayan bisa tau kapan akan melaut.

“Data yang disuplai ke layar merupakan data terupdate dari BMKG”, kata Zainal.

Edison Kurniawan Kepala Balai Besar MKKuG Wilayah 1 Medan menyebutkan, didalam display ada sejumlah informasi penting yang dibagi dalam sembilan slide.

Semua slide tersebut memberikan informasi cuaca baik wayah sumatra maupun Aceh secara khusus.

“Ini masih bersifat Sumatra, saya minta nanti ini hanya untuk Aceh saja, fokusnya Aceh saja, jadi biar mudah ke nelayan lokal,” sebut Edison.

Ia menambahkan, tidak hanya mensuplai informasi cuaca, pihaknya dalam waktu dekat akan menyuplai data Fishing Ground atau daerah tangkapan ikan dan juga upwelling atau perubahan suhu dasar air laut, informasinya akan disuplay dalam waktu dekat. (L/AP/P1 )

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.