Biden Tunjuk Orang Palestina-Amerika sebagai Direktur Senior Intelijen

Foto: Roya News

Washington, MINA – Presiden Amerika Serikat (AS) menunjuk orang Palestina-Amerika Maher Bitar sebagai direktur senior untuk program intelijen di Dewan Keamanan Nasional (NSC), surat kabar Politico melaporkan.

Bitar menjabat sebagai penasihat umum untuk Partai Demokrat di Komite Intelijen DPR AS dan memainkan peran besar dalam pemakzulan pertama mantan Presiden Donald Trump.

“Saya sangat senang melihatnya di jabatan barunya, meskipun kami pasti akan merindukannya di komite,” kata Ketua Intelijen DPR Adam Schiff kepada Politico seperti dikutip dari MEMO, Jumat (29/1).

“Saya tidak bisa memikirkan orang yang lebih cocok untuk peran itu selain Maher,” tambahnya

Lulusan hukum Universitas Georgetown tersebut juga bekerja sebagai direktur urusan Pendudukan Israel-Palestina di Dewan Keamanan Nasional di bawah mantan Presiden Barack Obama.

Bitar juga menerima gelar Master of Science in Forced Migration dari Oxford University’s Refugee Studies Center dengan beasiswa Marshall dan telah bekerja dengan Badan PBB untuk Pemulihan dan Pekerjaan (UNRWA) di Yerusalem, Palestina.

Robert Malley, yang diharapkan akan ditunjuk sebagai utusan khusus Presiden Biden untuk Iran, men-tweet: “Tidak dapat memikirkan pilihan yang lebih baik daripada Maher. Pegawai negeri yang paling profesional, berprinsip, dan berdedikasi yang mendapat kehormatan untuk bekerja sama dengan saya, seorang kolega yang luar biasa, dan seorang teman baik.”

Pada Agustus, Biden merilis “Rencana untuk Kemitraan” yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Arab-Amerika di mana dia menyebut kelompok itu sebagai “penting untuk struktur bangsa kita.”

Dalam pernyataan itu Biden berjanji untuk memasukkan Arab-Amerika dalam pemerintahannya dan bekerja untuk melawan “fanatisme anti-Arab”.

Awal bulan ini, ia juga menunjuk seorang wanita Yordania-Amerika, Dana Shubat, sebagai penasihat urusan hukum seniornya. Ia bergabung dengan Reema Dodin, asisten lama Capitol Hill Palestina-Amerika, yang ditunjuk sebagai wakil direktur Kantor Urusan Legislatif Gedung Putih pada akhir November. (T/R5/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.