BPBD Bekasi Adakan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana

Sesi foto bersama peserta Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana yang diadakan oleh BPBD Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 18 Juli 2023. (Foto: Akhirul Sholeh/MINA)

Bekasi, MINA – Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Jawa Barat, mengadakan kegiatan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana, Selasa (18/7).

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bekasi Tatang wiratma Puspita mengatakan, acara Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana ini menyasar para tokoh masyarakat, pengurus kewilayahan seperti pengurus RT, RW ataupun organisasi masyarakat atau lingkungan yang terdampak bencana di kota Bekasi.

“Hal ini dilaksanakan dalam rangka pencegahan untuk mengurangi resiko bencana, karena sekarang paradigma penanggulangan bencana itu bukan respon, tapi lebih ke pencegahan dan kesiapsiagaan, kesadaran, sehingga saat sampai terjadi bencana kita dapat mengurangi risiko yang terjadi,” kata Tatang.

Menurutnya, BPBD Kota Bekasi sudah membentuk tim wilayah yang akan mengenali para tokoh masyarakat, sehingga kedepannya bisa berkoordinasi dan bersinergi.

“Misalkan, ada tanggul atau pintu air yang rusak, angin kencang, pohon roboh, merekalah yang pertama merespon, sebelum tim evakuasi. Jadi mereka punya tanggung jawab untuk pemantauan apa pun yang terjadi,” kata Tatang.

Dia menambahkan, Tim juga merangkul para relawan masing-masing di 12 kecamatan karena keberadaan mereka sangat membantu.

Tatang mengimbau masyarakat agar lebih sadar dan lebih peduli terhadap risiko bencana yang ada di wilayah masing-masing. (L/AS/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.