Bulog Pekalongan Siapkan 25 Ribu Ton Beras untuk Bantuan Pangan

Petani memanen tanaman padinya sebelum diproses menjadi beras (Foto: Istimewa)

Pekalongan, MINA – Kepala Perum Sub Divisi Regional Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) Ramadin Ruding, mengumumkan kesiapannya dalam mendukung program bantuan dari pemerintah. Sebanyak 25 ribu ton telah disiapkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Dalam konferensi pers di Pekalongan pada hari Rabu (6/9), Ramadin mengungkapkan, penyaluran bantuan pangan berupa beras diharapkan dapat dilakukan pada pekan depan.

“Insya Allah, pekan depan program bantuan pangan ini bisa kami salurkan karena kami saat ini masih menunggu perintah resmi. Dengan stok sebanyak 25 ribu ton beras, kami yakin mampu memenuhi kebutuhan program bantuan pangan,” katanya.

Awalnya, program bantuan pangan direncanakan akan dimulai pada bulan Oktober 2023 hingga Desember 2023, namun Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan perubahan jadwal menjadi September hingga November 2023.

Baca Juga:  Perdana, KUH dan Masyariq Gelar Bimtek Bahas Mitigasi Masalah Haji di Jeddah

Ramadin juga mencatat, meskipun stok beras masih cukup untuk tiga bulan ke depan, mereka menghadapi kendala dalam penyerapan beras dari petani, terutama karena yang panjang.

Selain itu, harga padi dari para petani juga mengalami kenaikan, mencapai Rp11 ribuan per kilogram dari harga normal Rp9 ribuan per kilogram.

“Dengan harga beras yang mencapai Rp11 ribuan per kilogram, penyerapan tidak bisa dilakukan secara maksimal. Kami telah menghentikan penyerapan beras selama seminggu ini karena harga beras di tingkat petani yang tinggi,” tambahnya.

Meski menghadapi tantangan ini, Perum Bulog Sub Divisi Regional Pekalongan tetap berkomitmen untuk menyediakan bantuan pangan yang diperlukan masyarakat di tengah kondisi sulit ini. (L/B04/P2)

Baca Juga:  Senantiasa Beramal Shaleh adalah Mindset orang Beriman

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.