Daftar Menteri dan Wakil Baru yang Diantik Presiden Jokowi

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo  melantik sejumlah nama untuk masuk ke dalam jajaran di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (17/7).

Informasi pelantikan pejabat baru kabinet itu tersebut dikonfirmasi Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis, Ahad (16/7).

Berikut daftar nama dilantik hari ini:

Pertama. Budi Arie Setiadi
Ketua relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie bakal dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru.

Budi menggantikan Mahfud MD yang menjabat sementara sebagai Menkominfo usai Johnny G. Plate dicopot karena tersangkut kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G dan infrastruktur BAKTI Kominfo.

Sebelum itu, Budi merupakan mantan Wakil Ketua PDIP DKI Jakarta dan Ketua Balitbang PDIP DKI Jakarta periode 2005-2010.

Jabatan terakhirnya sebelum ditunjuk menjadi Menkominfo ialah Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes).

Kedua. Nezar Patria
Nezar Patria  dilantik sebagai Wakil Menteri Kominfo. Merupakan jabatan baru yang dibuat Jokowi lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2023 tentang Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ditandatangani pada 17 April 2023.

Nezar Patria sempat menjadi aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD). Lulusan S1 Filsalat Universitas Gajah Mada (UGM) itu salah satu aktivis yang sempat menjadi korban penculikan pada masa orde baru (orba).

Nezar memulai kariernya sebagai wartawan di sejumlah media pada akhir-akhir tahun tumbangnya rezim Orde Baru hingga 2020. Dia kemudian menjadi Direktur Kelembagaan PT Pos Indonesia pada 2020 hingga saat ini.

Selain itu, Nezar juga menjabat sebagai Staf Khusus (stafsus) Menteri BUMN Erick Thohir Bidang Komunikasi.

Ketiga. Pahala Mansury
Pahala Mansury akan dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). Kursi Wamenlu sebelumnya kosong sejak ditinggal Mahendra Siregar yang dilantik menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pahala sebelumnya adalah Wakil Menteri BUMN. Posisi yang ditinggalkannya itu akan diisi oleh Rosan Roeslani.

Pahala merupakan pria kelahiran 1971. Ia mendapatkan gelar sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI).

Setelahnya, dia memperoleh gelar pendidikan lebih tinggi yakni MBA Finance dari Stern School of Business, New York University, Amerika Serikat (AS).

Ia pernah duduk di posisi strategis berbagai perusahaan pelat merah mulai dari Pertamina hingga Garuda Indonesia.

keempat. Paiman Raharjo
Paiman Raharjo bakal dilantik menjadi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Paiman menggantikan posisi yang ditinggal oleh Budi Arie. Hari ini, Jokowi melantik Budi Arie menjadi Menkominfo.

Paiman adalah Rektor Universitas Prof. Dr Moestopo Beragama (UPDMB). Ia baru dilantik pada jabatan itu pada Mei 2022.

Melansir sejumlah pemberitaan, Paiman pernah menjabat sebagai Komisaris PT Food Station Tjipinang Jaya dan Komisaris Independen PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Paiman juga merupakan Ketum Relawan Sedulur Jokowi.

kelima. Rosan Perkasa Roeslani
Rosan Perkasa Roeslani bakal dilantik sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Rosan Roeslani merupakan mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Sebelum menjabat sebagai dubes RI, ia pernah menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2015 hingga 2020.

Ia juga sempat menjabat sebagai Presiden Komisaris dan Komisaris Independen PT Bumi Resources Tbk. Namun, ia mengundurkan diri pada Agustus lalu karena ditunjuk sebagai Duta Besar RI untuk AS.

keenam. Saiful Rahmat Dasuki
Saiful Rahmat Dasuki bakal dilantik menjadi Wakil Menteri Agama (Wamenag). Sebelumnya, posisi itu dijabat oleh Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Zainut Tauhid Sa’adi sejak Oktober 2019.

Saiful merupakan Ketua DPW PPP DKI Jakarta. Saiful menjabat sebagai Ketua PPP DKI Jakarta sejak 17 Januari 2023. Saat itu, ia menggantikan posisi Putra almarhum Abraham Lunggana atau Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana yang dicopot dari jabatan tersebut oleh DPP.

Saiful juga tercatat pernah menjabat sebagai Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jakarta. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.