Delapan Tewas, 6.000 Mengungsi Akibat Serangan Junta Myanmar

Pengungsi di kotapraja Yedashe di wilayah Bago, Myanmar, terlihat pada bulan April 2023. (Foto: RFA)

Yedashe, MINA – Serangan junta militer sejak akhir pekan di wilayah Bago, Myanmar tengah, telah menewaskan sedikitnya delapan orang dan membuat sekitar 6.000 orang mengungsi, kata seorang pejabat pemberontak dan warga pada Selasa (23/4).

Serangan di kotapraja Yedashe, yang terletak sekitar 290 kilometer (180 mil) utara kota terbesar Myanmar Yangon, terjadi setelah pertempuran sengit antara pasukan junta dan pasukan pemberontak.

Hampir 400 warga sipil tewas oleh serangan udara militer dan artileri berat di seluruh negeri dalam tiga bulan pertama tahun ini, menurut data yang dikumpulkan oleh RFA Burma.

Pertempuran di wilayah Bago terjadi ketika kelompok pemberontak di seluruh negeri mengambil alih lebih banyak wilayah dan mendorong pasukan junta kembali ke ibu kota Naypyidaw dan Yangon.

Pasukan Junta menyerang desa-desa di sekitar kota Swar di kotapraja Yedashe di Bago timur pada 19 April dan sejak itu menewaskan delapan warga sipil, termasuk seorang anak dan seorang biksu Buddha, kata juru bicara Pasukan Pertahanan Rakyat Yedashe (YPDF) yang anti-junta kepada RFA.

“Empat orang dari desa Ywa Thit [termasuk seorang anak] adalah orang pertama yang dibunuh [hari itu],” kata juru bicara tersebut, seperti kata orang lain yang diwawancarai untuk laporan ini, berbicara tanpa menyebut nama karena alasan keamanan.

“Sehari kemudian, seorang biksu ditembak mati di desa Padauk Kon dan tiga pria juga dibunuh di desa yang sama sehari setelahnya. Pasukan junta menembaki siapa pun yang mereka lihat selama penyerangan,” kata Juru Bicara.

Dia mengatakan, pasukan junta masih berada di wilayah desa pada hari Selasa dan identitas para korban masih belum jelas.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.