DIREKTUR PELAKSANA IMF APRESIASI INDONESA BISA JAGA STABILITAS PEREKONOMIAN

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Photo: tempo)
Direktur Pelaksana Christine Lagarde (Photo: tempo)

Jakarta, 18 Dzul Qa’dah 1436/2 September 2015 (MINA) –  Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde memberikan apresiasi kepada Indonesia atas upayanya menjaga stabilitas perekonomian dalam kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian.

“Kebijakan ekonomi harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara, sehingga tidak bisa disamakan. Namun secara garis besar, ada lima hal yang perlu tetap dijaga dalam kondisi saat ini,” kata Christine Lagarde dalam Konferensi Internasional yang diadakan oleh (BI) dan (IMF) yang bertema “The Future of Asia’s Finance,” di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (2/9).

Ia menyebutkan, pertama, memperkuat baris pertahanan pemerintah melalui kebijakan fiksal; kedua, mengendalikan pertumbuhan kredit agar tidak terlalu berlebihan ; ketiga, menjaga fluktuasi nilai tukar; keempat, menjaga kecukupan cadangan devisa, dan kelima, membangun pengawasan dan pengaturan sektor keuangan yang solid.”

Pejabat tinggi IMF itu juga mengingatkan pentingnya pemerintah di setiap negara berpegang pada 4-. “Inovasi, Integrasi, Infrastruktur dan Inklusifitas,” tegasnya.

Pembahasan dalam konferensi Bi-IMF tersebut dibagi menjadi tiga subtema, yaitu : Financing for Development, Mobilizing Resources for Development dan Financial Deepening and Inclusion.

Panelis dalam event itu adalah tokoh-tokoh pemerintah dan lembaga di Asia, antara lain Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoroo, Ketua Dewan Komisioner RI Muliaman D. Hadad; Deputy Governor dari Reserve Bank of India, Urjit Patel, dan Deputy Governor dari Bank of Japan, Hiroshi Nakaso.

Selain itu, konferensi juga dihadiri oleh berbagai lembaga bidang perekonomian dan pelaku pasar keuangan.

Diskusi diharapkan dapat menghasilkan pandangan yang cukup luas mengenai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan mempertahankan keberlanjutan perekonomian di Asia, khususnya di Indonesia. (L/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0