Djibouti Luncurkan Kontes Menghafal Al-Quran ke-17

Djibouti, 11 Ramadhan 1437/16 Juni, 2016 (MINA) –  Menteri Urusan Islam, Budaya, dan Aset Amal, Moumin Hassan Barreh telah meresmikan kontes menghafal Al-Quran, Tajwid dan Tartil ke-17 tingkat regional pada Kamis (16/6).

Kompetisi ini diselenggarakan setiap tahun selama bulan suci Ramadhan. Kontestan yang berpartisipasi tahun ini berasal dari sepuluh negara, yaitu Somalia, Ethiopia, Yaman, Sudan, Uganda, Komoro, Kenya, dan Djibouti.

Inisiatif ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 di bawah arahan dari Presiden Djibouti Ismail Omar Guelleh untuk mendorong mempromosikan makna persatuan kalangan umat Islam di Afrika.

Kontes ini dijadwalkan akan diadakan pada Senin (20/6) depan,  demikian IINA memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kompetisi  Al-Quran regional di Afrika yang dimulai di Djibouti juga pernah diselenggarakan pada pada 7 Juli 2014 lalu.

Perwakilan dari 12 negara Afrika Timur menghadiri kompetisi yang akan berlangsung selama sepekan.

Ada 40 peserta pada saat itu. Mereka  bersaing dalam kategori menghafal seluruh Al-Quran, menghafal 20 Juz dan menghafal 10 Juz.

Kompetisi Al-Quran tingkat regional ini pertama kali diselenggarakan pada 1999 dengan tujuan mendorong para pemuda untuk belajar Al-Quran. (T/P005/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.