Doa Menghadapi Kesulitan Hidup Yang Sangat Berat

Ali Farkhan Tsani (FB)

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Mi’raj News Agency (MINA) 

Dalam kehidupan kita tentu megalami suka dan , lapang ada sempit, mudah ada susah, silih berganti. Begitulah memang Allah memberlakukan ketentuan-Nya untuk menguji  manusia, apakah manusia akan menjadi hamba yang beriman atau ingkar, bersyukur atau kufur, tetap iman dan istiqamah atau pindah keyakinan.

Namun, terkadang kita merasakan kesulitan hidup yang sangat berat. Bak mengangkat beban berat sebesar gunung atau terhimpit bumi.

Padahal kalau kesulitan itu dihadapi, apalagi bila kita coba memaknai dengan realitas kehidupan, ternyata justru dengan adanya kesulitan itu dapat membawa manusia semakin kuat, dan maju. Dengana adanya kesulitan berat itu pula, daya kekuatan nalar lebih yang dimiliki manusia akan muncul.

Maka, dengan kesulitan hidup itu dilihat dari sumber kehidupan, merupakan jalan pendakian menuju puncak keridhaan Allah.

Karena itu, kesulitan hidup jangan dikeluhkan, apalagi dicaci maki, dan ditinggal pergi. Namun kesulitan itu harus dihadapi, diatasi dan dicarikan solusinya, sebagai langkah menuju ridha Allah. Kuncinya adalah, jangan berputus asa dari rahmat Allah.

Adapun sumber kekuatan dan energi luar biasa untuk bisa membongkar kesulitan itu, tiada lain adalah . Doa yang dipanjatkan secara khusyu, penuh pengharapan dan keyakinan, apalagi dalam kesulitan, akan mudah dijawab Allah.

Berikut beberapa doa berat itu, untuk bisa kita ajukan kepada Allah dalam waktu-waktu mustajab, seperti seusai shalat, apalagi shalat tahajud, pagi dan petang hari, dan waktu di perjalanan.

Apalagi Allah itu Maha Pemalu lagi Maha Mulia, yang tidak mungkin membiarkan hamba-Nya yang meminta kepada-Nya, pulang dalam keadaan hampa.

Ini seperti disebutkan di dalam hadits:

إِنَّ رَبَّكُمْ تَبَارَكَ وَتَعَالَى حَيِىٌّ كَرِيمٌ يَسْتَحْيِى مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ إِلَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْرًا

Artinya: “Sesunguhnya Tuhan kalian tabaroka wa ta’ala Maha Pemalu lagi Maha Mulia. Dia malu terhadap hamba-Nya, jika hamba tersebut menengadahkan tangan kepada-Nya , lalu kedua tangan tersebut kembali dalam keadaan hampa.”

Di antaranya doa itu adalah, yang sering disebut sebagai Doa Nabi Musa Alaihis Salam:

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Artinya: “Berdoa (Musa),Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thaha [20]: 25-28).
Doa lainnya, yang biasa disebut dengan doa Ashhabul Kahfi.

رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحۡمَةً۬ وَهَيِّئۡ لَنَا مِنۡ أَمۡرِنَا رَشَدً۬ا

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini.” (QS. Al-Kahfi [18]: 10).

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnus Sunni dari Anas Radhiyallahu ’Anhu, bahwa bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengajarkan doa: 

 اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya: “Ya Allah, tiada yang mudah, kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Dan Engkau jadikan kesusahan itu mudah, jika Engkau menghendakinya jadi mudah.” (HR Ibnu Hibban).

Jika itu berkaitan dengan yang melilit atau ditindas dizalimi manusia, maka doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ 

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari rasa susah dan duka, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, serta aku berlindung kepada-Mu dari hutang yang tidak terbayar dan dari ditindas seseorang yang sewenang-wenang.” (HR Abu Dawud).

Semoga Allah mengabulkan doa-doa kita. Aamiin. (A/RS2/P1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.