Dorong Internasionalisasi Kampus, UIN Lampung MoU dengan USIGU Somalia

Bandar Lampung, MINA – Dalam rangka mendorong internasionalisasi Kampus, UIN Raden Intan Lampung (RIL) jalin kerja sama dengan US-International Global University (USIGU) Somalia.

Kerja sama ditandai dengan pendatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh kedua belah pihak secara daring, Senin (21/3).

Pada penandatanganan MoU yang berlangsung menggunakan Bahasa Arab itu, kedua belah pihak juga menggelar Webinar Internasional yang ditayangkan di kanal YouTube UIN Raden Intan Lampung.

Webinar tersebut mengangkat tema “Teknis Pengajaran Bahasa Arab bagi Mahasiswa.”

Rektor UIN RIL, Prof. Wan Jamaluddin, PhD dalam sambutannya menyampaikan capaian dan prestasi yang diraih Sivitas akademikanya. “Capaian yang sudah diraih mendorong UIN Raden Intan melangkah lebih jauh, yaitu melakukan internasionalisasi kampus agar menjadi universitas yang mendapatkan rekognisi Internasional,” ujarnya.

Internasionalisasi kampus menurutnya membutuhkan revolusi budaya akademik dari lokal menuju global.

“Perubahan budaya akademik ini pertama-tama, membutuhkan penguatan infrastruktur akademik internal. Sivitas akademika baik dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan harus memiliki outlook internasional, kapasitas, fasilitas dan layanan akademik harus mencerminkan kualitas internasional,” jelas Rektor.

Rektor mengakui, lompatan ke arah internasionalisasi kampus tidak mudah dan membutuhkan perjuangan yang panjang. Meski demikian, dia meyakinkan bahwa Internasionalisasi kampus merupakan keharusan dan dapat dilakukan.

“Jika tidak, lambat laun, kita ditinggalkan oleh komunitas pendidikan. Kita berada dalam revolusi TIK 4.0 yang menjadikan dunia ini tanpa batas dan persaingan yang ketat berbasis kualitas,” lanjutnya.

Prof Wan menekankan, salah satu upaya yang sedang dan akan dilakukan oleh UIN RIL dalam internasionalisasi adalah membangun partnership dengan universitas di berbagai wilayah Asia-Pasifik, Amerika, Eropa, dan Afrika.

“Pada gilirannya upaya ini akan membuka wawasan akademik kita dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi universitas,” jelasnya.

Dia menyambut baik penandatangan MoU tersebut. “Saya meyakinkan bahwa MoU ini tidak hanya berhenti pada batas penandatanganan saja, tetapi Vice-Rector dan jajaran pimpinan akan mengimplementasikan dalam aktifitas akademik yang nyata dan saling menguntungkan,” pungkasnya.

Hal yang sama dikatakan Wakil Rektor Bidang Akademik USIGU Dr Walid Syadzily. Dia menyambut baik kerja sama dengan UIN RIL.

“Sebagai langkah konkrit terlaksananya MoU, USIGU akan mengirimkan beberapa mahasiswanya untuk studi di UIN Raden Intan Lampung pada awal tahun ajaran 2022 ini,” ungkap Walid.

Ruang lingkup kerja sama ini di antaranya penelitian gabungan, pertukaran mahasiswa dan dosen, pengembangan kurikulum, penerbitan karya ilmiah, dan bidang lain yang berkaitan dengan akademik serta pelatihan.

Turut hadir menyampaikan sambutan pada MoU ini Wakil Rektor III UIN RIL, Dr Idrus Ruslan M.Ag., sedangkan pembicara webinar yakni Dr. Yusuf Baihaqi Lc MA (Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Syariah UIN RIL) dan Dr Abdurrahman Abdul Ghofar (Wakil Rektor Bidang Kerjasama Internasional Kemahasiswaan USIGU). (R/R12/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA).