DPR: Transportasi Perlu Diatur untuk Turunkan Polusi

, MINA – RI mengatakan, di Ibu Kota (Jakarta) perlu diatur kembali, karena tranportasi merupakan sumber utama .

“Transportasi pribadi perlu dikurangi dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas transportasi publik. Angkutan massal ini penting dikembangkan agar masyarakat yang beraktivitas di Jakarta mengurangi penggunaan kendaraan pribadi,” katanya baru-baru ini di Gedung DPR RI.

Selain itu, emisi gas buang kendaraan juga harus diperiksa rutin, agar udara Jakarta terkendali dari bahaya polusi yang tak sehat.

“Uji emisi kendaraan harus dilakukan berkala, mengurangi kendaraan pribadi, dan memperbanyak angkutan publik,” ujarnya.

Ia juga menyerubut agar penghijauan pada taman-taman terbuka kembali ditingkatkan. Begitu juga areal hutan kota perlu ditambah.

“Ini penting untuk melestarikan ekosistem kota menjadi lebih sehat dan segar,” tambahnya.

Berdasarkan data AirVisual, Jakarta dikalim sebagai kota nomor satu terpolusi di dunia. Temuan ini jadi perhatian serius bagi Pemprov DKI Jakarta dan harus dibantu oleh pemerintah pusat khususnnya di kementerian.

“Semua Kementerian harus pula bersinergi membantu Pemprov DKI membersihkan udaranya dari bahaya polusi. Wilayah-wilayah di Jakarta yang terdampak paling buruk kualitas udaranya harus terpetakan dengan baik. Dengan begitu, wilayah-wilayah tersebut bisa mendapat penangan segera dengan membenahi lingkungannya,” harapnya. (R/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.