Emir Qatar Tiba di Baghdad dalam Kunjungan ‘Bersejarah’ ke Irak

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani (Foto: Anadolu Agency)

Baghdad, MINA – Tamim bin Hamad Al-Thani tiba di Baghdad pada Kamis (15/6) untuk kunjungan resmi “bersejarah” setelah diundang Perdana Menteri Irak Muhammad Shia Al-Sudani.

Al-Sudani menerima Emir di Bandara Internasional Baghdad, sebelum menelepon istana pemerintah yang terletak di Zona Hijau berbenteng, Kantor Berita Irak (INA) melaporkan.

“Kunjungan tersebut merupakan inisiatif positif dan efektif untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Irak dan Qatar,” kata juru bicara pemerintah Irak, Basim Al-Awadi.

Selama wawancara dengan saluran UTV Irak, Al-Awdi mengatakan bahwa kedua belah pihak akan membahas proyek-proyek strategis utama, termasuk investasi bersama di bidang energi, petrokimia, perdagangan, dan proyek Jalan Pembangunan, yang baru-baru ini diluncurkan oleh pemerintah Irak.

Baca Juga:  Universitas Brown Setujui Voting Tuntutan Mahasiswa Pro-Palestina

Qatar telah memainkan peran kunci dalam membantu pembangunan kembali Irak setelah kehancuran yang disebabkan oleh konflik bertahun-tahun, termasuk setelah merebut kembali wilayah yang pernah dikuasai oleh kelompok Islamic State (ISIS) oleh pasukan pemerintah.

Irak yang didukung oleh koalisi internasional, menyatakan kemenangan atas ISIS pada akhir 2017, tetapi dengan kerugian yang besar.

Sejak saat itu, pemerintah Irak berhasil memperbaiki situasi keamanan di negara itu dan mencari cara untuk mendiversifikasi ekonominya untuk era pasca-minyak dan gas.

Pada bulan Mei, Irak mempresentasikan rencana ambisius untuk mengubah dirinya menjadi pusat transportasi regional dengan mengembangkan infrastruktur jalan dan kereta api yang menghubungkan Eropa dengan Timur Tengah.

Baca Juga:  BBM di Radio Silaturahim: Intifada Intelektual di Kampus-Kampus AS

Setelah selesai, proyek senilai $17 miliar – yang dinamai ‘Rute Pembangunan’ – akan membentang sepanjang negara, membentang 1.200 kilometer (745 mil) dari perbatasan utara dengan Turki ke Teluk di selatan. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.