Energi Surya Menerangi Gaza

Energi matahari memungkinkan peternakan ikan Ahmed al-Haj di Gaza tetap bertahan meskipun biaya listrik meningkat. (Foto: Khuloud Rabah Sulaiman/Intifada Elektronik)

Oleh: Khuloud Rabah Sulaiman dan Rakan Abed di Jalur Gaza

Ahmed al-Haj, pemilik restoran makanan laut al-Bahhar di sepanjang pantai dekat Kota Gaza, menggunakan energi matahari untuk menjalankan restorannya dan peternakan ikan di dekatnya.

Peternakan ikan adalah usaha intensif listrik. Air laut harus dipompa secara teratur ke dalam tangki, dan baling-baling air harus beroperasi tanpa henti untuk menyediakan lingkungan yang sehat bagi ikan. Tanpa listrik, ikan tidak dapat berkembang biak.

Sebelum dipasang pada tahun 2010, al-Haj membayar hampir $42.000 untuk biaya operasional setiap tahun, sebagian besar digunakan untuk bahan bakar agar listrik tetap menyala.

Biaya operasinya telah meningkat secara substansial ketika Israel memberlakukan blokade di Gaza pada tahun 2007. Dan al-Haj, seperti semua penduduk Gaza lainnya, menghadapi pemadaman listrik yang berkepanjangan yang menurunkan kualitas hidup dan membuatnya hampir tidak mungkin untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan.

“Akibat tekanan yang signifikan dari blokade terhadap bisnis saya, saya mulai mencari solusi kelistrikan yang lebih baik,” katanya.

Dia memasang panel surya dengan biaya $14.000, setelah mendapatkan pinjaman pengembangan bisnis. Dengan demikian, biaya operasionalnya dipotong setengah karena dia tidak perlu lagi membeli bahan bakar untuk menjalankan generator atau mengandalkan pembangkit listrik Gaza.

“Dengan melakukan ini, saya dapat mempekerjakan lebih banyak pekerja, melakukan beberapa perbaikan pada restoran dan memperluas ukuran tambak ikan,” katanya.

Tanpa akses reguler ke panas yang disediakan melalui listrik, ayam dan anak ayam di peternakan Ahmed Abu Safia di Beit Hanoun tidak dapat bertahan di musim dingin. (Foto: Khuloud Rabah Sulaiman/Intifada Elektronik)

Penyelamat

Hussein Shehab, seorang insinyur listrik untuk perusahaan MegaPower, yang mengimpor dan memasang panel surya di Jalur Gaza, memperkirakan bahwa setidaknya sepertiga populasi Gaza dan lebih dari 50 persen bisnisnya – termasuk rumah sakit, peternakan, pabrik, toko roti, dan institusi pendidikan – sekarang menggunakan panel surya.

Instalasi panel surya dasar terdiri dari pemasangan panel kaca di atap. Panel ini mentransmisikan daya ke baterai yang dapat diisi ulang.

Biaya pemasangan awal bisa sangat mahal untuk keluarga biasa di Gaza, antara $1.000 hingga $10.000. Namun, Shehab yakin bahwa keuntungan jangka panjang, baik dalam biaya maupun listrik yang dapat diandalkan, membuat harga itu sepadan.

Rumah Sakit Al-Rantisi di Kota Gaza memasang 106 panel surya di atap gedung pada tahun 2017 menggunakan dana China, kata petugas humas rumah sakit tersebut, Hasan al-Refati. Dia mengatakan bahwa 40 persen departemen rumah sakit ditenagai oleh panel-panel ini, yang memiliki kapasitas 30 megawatt.

Panel surya sekarang menjadi faktor integral dalam menjaga daya di rumah sakit, yang memungkinkan akses listrik tanpa gangguan di unit gawat darurat dan perawatan intensif, serta untuk pasien dengan kondisi kronis seperti dialisis dan kanker.

“[Pasokan] listrik yang tidak teratur dan frekuensi listrik yang tinggi yang dihasilkan oleh generator telah merusak banyak peralatan medis kami, termasuk sinar-X, mesin dialisis, dan mesin transfer darah,” kata al-Refati.

Al-Refati mengatakan rumah sakit bergantung pada tiga sumber energi yang berbeda: pembangkit listrik, tiga generator cadangan untuk pemadaman listrik, dan sistem tenaga surya. Ketika listrik padam, departemen rumah sakit membutuhkan waktu setengah jam untuk mengalihkan pasokan listrik ke generator.

Bassam al-Hamadin, direktur jenderal teknik dan pemeliharaan di Kementerian Kesehatan, mengatakan bahwa 13 rumah sakit umum di Gaza ditenagai oleh energi matahari. Tenaga surya, katanya, menurunkan biaya listrik sebesar $800 juta.

“Tata surya adalah penyelamat bagi pasien kami,” kata al-Refati. Ia mencatat bahwa kerusakan peralatan medis telah menurun di departemen yang menggunakan panel surya.

 

Tidak cukup daya

Zafer Milhem, Ketua Otoritas Energi dan Sumber Daya Alam Palestina, mengatakan bahwa energi matahari telah meredakan ketegangan pada pembangkit listrik Gaza, yang hanya dapat memasok listrik ke kota tersebut dengan rata-rata 12 jam listrik per hari.

Namun bahkan 12 jam itu terganggu selama musim panas dan musim dingin, ketika permintaan meningkat.

Populasi Gaza yang berjumlah 2 juta membutuhkan 600 megawatt untuk memungkinkan akses listrik yang konstan, tetapi Gaza hanya mampu menghasilkan 180 megawatt.

Pada tahun 2021, Kawasan Industri Gaza – yang menyediakan bisnis di Gaza dengan infrastruktur dan sumber daya lainnya – meluncurkan proyek energi surya senilai $12 juta yang bertujuan menyediakan listrik yang andal bagi bisnis.

Namun, pemadaman listrik yang luas dan blokade Israel telah membuat hidup sulit bagi Ahmed Abu Safia, yang memiliki peternakan ayam di Beit Hanoun.

Tidak adanya cahaya dan panas untuk anak ayam dan ayam, berarti mereka tidak akan makan atau minum sebanyak mungkin, dan karena itu mereka tidak akan berkembang sepenuhnya.

“Banyak ayam mati karena panas atau dingin setiap tahun, dan pencahayaan yang buruk serta lingkungan yang panas atau dingin mencegah ayam bertelur,” katanya. “Produksi telur dipotong setengahnya dan pengeluaran makan meningkat dan periode pertumbuhannya diperpanjang.”

Dia mempertimbangkan untuk menutup bisnisnya, seperti yang dilakukan banyak orang lainnya karena situasi ekonomi yang melumpuhkan Gaza.

“Selama sepuluh tahun pertama blokade, sebelum memasang panel surya, saya hanya memelihara 1.000 ekor ayam,” katanya. “Saya harus menjualnya segera setelah beratnya mencapai 1,5 hingga 2,5 kilogram,” kata Abu Safia.

Namun, begitu dia memperoleh pinjaman $6.000 dari bank dan memasang panel surya, sebagian besar bisnisnya kembali normal. Dia sekarang beternak 3.000 ekor ayam sebulan.

Namun, kesulitan terus berlanjut. Serangan udara Israel pada tahun 2021 membunuh banyak ayamnya dan menghancurkan sebagian pertaniannya, termasuk rumah kaca, sistem irigasi, dan beberapa panel surya. Meskipun dia telah mendapat kompensasi finansial dari pemerintah, selalu ada kemungkinan serangan Israel lainnya. (T/RI-1/P1)

Sumber: The Electronic Intifada

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.