Fuad Bawazier: Palestina Satu-satunya Negeri Yang Belum Merdeka

Ketua Umum Yayasan Pendidikan Islam Al-Azhar Dr. Fuad Bawazier (Foto: Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Ketua Umum Yayasan Pendidikan Al-Azhar Dr. mengatakan, merupakan satu-satunya negeri di dunia yang hingga saat ini belum merdeka.

“Kita tidak berbicara mengenai Hamas atau militan tapi berbicara mengenai tanah Palestina, bangsa Palestina yang hanya satu-satunya negeri di dunia yang masih tersisa penjajahan,” kata Fuad dalam orasinya di acara Aksi Damai Bela Palestina dan Doa Bersama di lapangan Masjid Agung Al-Azhar Jakarta, Sabtu (21/10).

Sedangkan RI, dalam pembukaan UUD 1945 adalah menghapuskan semua penjajahan di muka bumi. Untuk itu, Fuad mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk turut mendukung kemerdekaan Palestina.

“Mereka yang tidak mau membela kemerdekaan, tidak mau ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina, mereka sebetulnya adalah mengkhianati konstitusi,” kata Menteri Keuangan Indonesia era Presiden Soeharto itu.

Baca Juga:  Indonesia-Arab Saudi Tambah Rute Penerbangan Baru Jamaah Haji 2024

Selain itu, Fuad juga mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk tidak terpengaruh narasi-narasi bohong Israel dan sekutunya yang menuduh para pejuang Palestina sebagai teroris atau ektremis.

“Begitulah cara mereka membungkam kita dengan menyembunyikan apa yang sebenarnya terjadi,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan tentang sejarah bahwa Indonesia merdeka pertama kali yang mengakuinya adalah bangsa Palestina.

di lapangan Masjid Agung Al-Azhar yang diselenggarakan oleh Aqsa Working Group (AWG) tersebut diwarnai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, orasi dari berbagai tokoh, pembacaan puisi, galang dana, doa bersama untuk Palestina dan lainnya.

Para peserta aksi damai yang terdiri dari berbagai kalangan menyerukan, antara lain diakhirnya pembantaian terhadap warga Palestina dan dibukanya koridor di Gaza.

Baca Juga:  34 Senator Partai Republik Desak Biden Hentikan Rencana Sambut Pengungsi Gaza

Kekejaman yang dilakukan oleh pendudukan Israel terhadap rakyat Palestina sudah melampaui batas norma agama dan kemanusiaan. Sehingga permasalahan Palestina bukan hanya persoalan Umat Islam saja.

Selain Dr. Fuad, yang hadir memberikan orasi adalah Pembina AWG Imaam Yakhsyallah Mansur, Wakil Duta Besar Palestina untuk Indonesia Ahmed M.I. Metani, Presidium dr. Sarbini Abdul Murad dan Presidium AWG Nur Ikhwan Abadi. (L/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.