HAMAS-FATAH AKAN BAHAS REKONSILIASI

Gaza, 20 Jumadil Akhir 1435/20 April 2014 (MINA) – Kepala delegasi perdamaian Fatah, Azzam al-Ahmad,  mengungkapkan ia akan  mengetuai rombongan delegasi  Otoritas Palestina (PA) ke Jalur Gaza pekan depan untuk membahas kelanjutan proses rekonsilias dengan para pejabat Hamas. 

Ahmad menegaskan kembali apa yang dikatakan  Otoritas Palestina  bahwa Hamas merupakan “bagian tak terpisahkan dari bangsa Palestina,” demikian dilaporkan Media Pemantau Timteng (Middle East Media Monitor -MEMO) seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA),Senin.

Dalam pertemuannya dengan Dewan Pembina Arab dan Hubungan Internasional (BTAIR) pada Kamis (17/4) di Amman, Ahmad membantah adanya campur tangan dari mediator non-Arab dalam internal Palestina. Ia berharap delegasinya akan membantu mengakhiri perkara tersebut.

Baca Juga:  26 Orang Syahid Akibat Serangan Udara Israel di Zawayda

Mengenai pembicaraan Palestina-Israel, ia mengatakan Otoritas Palestina (PA) menunggu sampai 29 April untuk mengambil keputusan yang tepat. Dia  menambah, Abbas telah memberitahu para anggota BTAIR mengenai perkembangan isu Palestina, termasuk agresi Israel atas Al-Quds (Yerusalem) dan negosiasi dengan mereka.

Selain itu, Ahmad menegaskan pihak Palestina tidak akan berkompromi  dengan Israel mengenai hak asasi warga Palestina, serta proses perdamaian yang didasarkan pada legitimasi internasional dan solusi dua negara.

Ahmad juga menegaskan, ia menolak Palestina mengakui Israel sebagai negara Yahudi dan bersikeras menyelesaikan masalah pengungsi Palestina berdasarkan resolusi PBB 194 dan Inisiatif Perdamaian Arab.

Kepala Fatah di kelompok parlemen menyerukan kepada BTAIR untuk mendukung posisi Palestina di organisasi internasional.(T/Nidiya/P03/EO2)

Baca Juga:  Ratusan Lebah Serang Tentara Israel, 10 Orang Masuk RS

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 /

 

 

 

 

 

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor:

Comments: 0