Hamas Tuntut Israel Bertanggung Jawab atas Kematian Fares Baroud

Gaza, MINA – Gerakan Hamas di Gaza Palestina, pada Rabu (6/2) menuntut Israel bertanggung jawab atas kematian tahanan politik Palestina, Fares Baroud.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Hamas menuduh Israel membunuh Baroud dengan menolak untuk memberinya perawatan yang diperlukan meskipun semua laporan medis mengkonfirmasikan kemunduran serius dalam kesehatannya, demikian Palinfo melaporkan yang dikutip MINA.

Hamas mengatakan, kebijakan penelantaran medis yang disengaja dilakukan oleh Layanan Penjara Israel terhadap tahanan Palestina adalah pelanggaran HAM.

Hamas menyerukan semua lembaga kemanusiaan yang peduli agar mendesak pemerintah Israel, yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa ribuan tahanan Palestina di penjara-penjara Israel dan meminta pertanggungjawaban Israel atas kejahatannya.

Ditekankan bahwa kejahatan keji Israel tidak akan pernah menghancurkan kehendak para tahanan Palestina, dan bersumpah untuk terus melawan pendudukan sampai semua tahanan dibebaskan dan diakhirkan untuk penderitaan mereka.

Fares Baroud (51) dinyatakan meninggal pada Rabu di rumah sakit penjara Raymond Israel setelah kondisi kesehatannya memburuk karena kelalaian medis yang disengaja. (T/SR/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)