Hari Ini Jutaan Jamaah Haji Wukuf di Arafah

Makkah, MINA – Jutaan Jamaah haji hari ini, Kamis (31/8)  atau 9 Dzulhijah 1438 H melakukan wukuf di Arafah, Mekkah Arab Saudi. Setelah wukuf,  Kamis (31/8) malam akan bergerak ke Muzdalifah dan selanjutnya tengah malam menuju ke Mina.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga Amirul Hajj Indonesia mengatakan, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi  yang terdiri dari sejumlah Kementerian/ Lembaga/TNI Polri/ Instansi terkait ini, siap mengantarkan jamaah Haji Indonesia melaksanakan rukun dan wajib haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina).

Dikutip dari rilis Kemenag, Menag memberikan pesan khusus kepada jamaah haji Indonesia terkait pelaksanaan puncak ibadah haji,wukuf di Arafah.

“Ada dua ciri haji mabrur, yaitu: ith’am ath-tha’am dan ifsa’us-salam, memberi makan dan menebarkan salam. Memberi makan merupakan simbol kepedulian sosial. Sebab agama hadir untuk kepentingan sosial, tidak semata individual. Kepedulian adalah  ciri kemabruran,” ujar Menag.

Ciri kemabruran kedua adalah menebarkan salam. Menag mengatakan, salam merupakan simbol menebar perdamaian.

Menag berharap  sekembalinya di Tanah Air, jamaah haji mendapat haji mabrur, semakin meningkat kepedulian sosial dan menjadi duta penebar kedamaian di lingkungan masing-masing. Jamaah haji, wujudkan nilai-nilai kemanusiaan.

“Semoga semua lancar wukufnya, karena tidak ada keinginan setiap jemaah selain mendapatkan kemabruran,” katanya

Hingga saat ini, Indonesia menjadi negara pengirim jamaah haji terbanyak  dunia yaitu 221 ribu jamaah. Sedangkan empat Negara dengan jamaah haji terbanyak lainnya adalah Pakistan 179 ribu jamaah, India 170 ribu jamaah. Selanjutnya adalah Bangladesh 128 ribu jamaah dan Nigeria 95 ribu jamaah.

Fakta lain yang membanggakan, meski  Indonesia dengan negara jumlah jamaah terbanyak tapi jamaah haji Indonesia terkenal tertib , rapi, dan sopan.  (R/R05/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.