Hidayat Nur Wahid Apresiasi Langkah Jokowi Hubungi Mahmoud Abbas Terkait Isu Normalisasi

Jakarta, MINA – Wakil Ketua mengapresasi langkah Presiden Joko Widodo yang menghubungi Presiden , untuk menyampaikan sikap Indonesia yang tidak akan menormalisasi hubungan dengan apa pun perkembangan yang terjadi di Timur Tengah.

Hidayat Nur Wahid mengingatkan agar Jokowi konsisten memenuhi janji dan komitmen yang disampaikan langsung ke Presiden Palestina tersebut, demikian dikutip dari laman resmi MPR.

“Langkah Presiden Jokowi yang berkomunikasi langsung dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dan secara langsung membantah rumor serta testing water dari media massa Israel bahwa Indonesia termasuk negara yang akan menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel, patut diapresiasi,” ujar HNW sapaan akrabnya dalam kegiatan Temu Tokoh nasional dengan Forum Masjid dan Musholla Jakarta Pusat di Jakarta, Jumat (18/12).

“Terima kasih Pak Presiden. Sekalipun Presiden juga harus diingatkan untuk melaksanakan komitmen-komitmennya mendukung Palestina sebagai negara merdeka dan berdaulat,” katanya.

HNW menilai langkah Presiden Jokowi ini sudah sejalan dengan amanat konstitusi bahwa Indonesia menolak segala bentuk penjajahan di dunia, termasuk penjajahan Israel terhadap Palestina.

“Ini amanat yang sangat tinggi posisinya karena berada di dalam pembukaan UUD 1945, dan semua Presiden Indonesia konsisten melaksanakan hal tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengingatkan agar Jokowi juga konsisten terhadap pernyataan langsungnya dengan Presiden Palestina tersebut, dan juga janjinya saat kampanye, debat capres, KTT Luar biasa OKI dan sambutan saat SU PBB via virtual, bahwa dirinya akan berjuang ikut memerdekakan Palestina.

“Pernyataan dan janji itu harus benar-benar diimplementasikan dalam setiap kebijakan politik luar negeri Indonesia terkait Palestina,” tambahnya.

Ia juga menegaskan, sikap penolakan sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi kepada Mahmoud Abbas, selain sudah sesuai dengan amanat konstitusi dan dilaksanakan oleh semua Presiden RI, juga didukung oleh mayoritas Rakyat dan anggota parlemen Indonesia.

Selain membantah rumor normalisasi hubungan itu, HNW berharap Jokowi juga harus menyiapkan langkah yang lebih konkret, dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki Indonesia di kancah dunia, untuk mendukung realisasi kemerdekaan negara Palestina. (R/R7/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)