IHATEC Jalin Kerja Sama dengan Lembaga Halal Vietnam

Jakarta, MINA – Indonesia Halal Training and Education Center () menjalin kerjasama dengan mengenai pelatihan dan jasa konsultasi halal untuk perusahaan Vietnam yang akan memasarkan produknya di Indonesia.

“Upaya menjalin kerja sama tersebut, dengan lembaga halal di luar negeri terus dilakukan,” demikian Direktur IHATEC Evrin Lutfika dalam keterangan tertulis, Jumat (15/7).

“Beberapa waktu lalu kami juga menjalin kerjasama dengan lembaga riset Jepang, Yano Research Institute Ltd Jepang, sekarang dengan lembaga asal Vietnam, bernama Vietnam National Halal (VNH),” kata Evrin.

Pekan lalu, kedua lembaga ini telah menandatangani MoU mengenai pelatihan dan jasa konsultasi halal untuk perusahaan Vietnam agar dapat memasarkan produknya di Indonesia.

“Kerjasama ini diharapkan, dapat mendukung proses ekspor perusahaan Vietnam ke Indonesia, pihaknya akan memberikan pelatihan dan jasa konsultasi terbaik bagi perusahaan-perusahaan di Vietnam,” imbuhnya.

Menurutnya, dengan penandatangan kerjasama ini mengikat kedua lembaga untuk sama mencapai tujuan yaitu, memfasilitasi perusahaan Vietnam untuk mendapat sertifikat halal dengan mudah dan lancar, tentunya sesuai dengan tugas serta tanggung jawab masing-masing pihak.

Evrin mengucapkan, terima kasih kepada VNH, dan sejumlah nama, Mr. Tran Van Tan Cuong, Mr. Muhammad Layxi, Mr. Than Min Hoang, Mr. Thanh Da Sin, dan Mrs. Lyna yang telah berperan dalam proses kerja sama antara IHATEC dengan VNH.

“Kami siap bekerjasama untuk mendukung perusahaan di Vietnam di bidang pengetahuan halal hingga proses sertifikasi halal,” imbuh Evrin. Ia juga berharap kerjasama ini dapat menguatkan posisi IHATEC menjadi pusat unggulan pelatihan dan edukasi halal baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara Direktur Vietnam National Halal (VNH), Mr Tran Van Tan Cuong, mengatakan, untuk memenuhi persyaratan halal, perusahaan-perusahaan Vietnam harus mengetahui kebijakan, regulasi dan prosedur proses sertifikasi Halal di Indonesia. Sebagaimana perusahaan-perusahaan baru di Vietnam akan mengekspor produk ke Indonesia.

“Semoga adanya kerjasama ini, VNH dapat melakukan kegiatan workshop atau webinar di bidang halal dengan dukungan penuh IHATEC sehingga dapat mendekati market Vietnam,” imbuh Mr. Tran Van Tan Cuong.

Kerja sama IHATEC dengan VNH mencakup persiapan pelatihan halal dan jasa konsultasi. Pelatihan khusus untuk klien VNH yang dipersiapkan yaitu HAS Implementation and Halal Supervisor Training. Sedangkan kerja sama di bidang jasa konsultasi halal meliputi pembuatan dokumen Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH), persiapan audit, administrasi pendaftaran halal sampai proses Si Halal BPJPH. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.