Indonesia Anugerahkan Bintang Jasa Bagi Peneliti Jerman

Foto: KBRI Berlin

Glasgow, MINA – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Alue Dohong menyerahkan Penghargaan Utama dari Presiden Joko Widodo kepada peneliti asal Jerman Prof. Johann Goldammer, Direktur Global Fire Monitoring Center (GFMC).

Menurut siaran pers Kementerian Luar Negeri RI pada Selasa (9/11), pemberian bintang jasa kepada Prof. Goldammer berkat kontribusinya membantu Pemerintah Indonesia dalam mengatasi masalah . Ia adalah satu-satunya warga negara asing yang menerima penghargaan tersebut.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan dalam rangkaian acara di Paviliun Indonesia pada Konferensi Perubahan Iklim COP 26 di Glasgow, Skotlandia pada 4 November 2021.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan, untuk mengatasi persoalan kebakaran hutan, Pemerintah tidak bisa bergerak sendiri tanpa bantuan pihak lain, termasuk pihak swasta. “Prof. Johann Goldammer telah berperan besar dalam membantu Pemerintah Indonesia untuk mengatasi persoalan kebakaran hutan,” kata Alue Dohong.

Baca Juga:  Perdana, KUH dan Masyariq Gelar Bimtek Bahas Mitigasi Masalah Haji di Jeddah

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Republik Federal Jerman, Arif Havas Oegroseno menyampaikan, pemberian penghargaan Jasa Utama kepada Prof. Johann Goldammer merefleksikan kemitraan Indonesia-Jerman yang kuat di bidang lingkungan hidup.

“Jerman merupakan partner penting Indonesia dalam pengelolaan hutan yang berkelanjutan,” ujarnya. KBRI Berlin juga siap untuk terus memperkuat kemitraan dengan Prof. Johann Goldammer di bidang lingkungan hidup.

Dubes Arif menggarisbawahi,Indonesia perlu menyusun strategi untuk menciptakan branding internasional terkait keberhasilan Indonesia di bidang lingkungan hidup, diantaranya penurunan deforestasi, keberhasilan restorasi gambut, pengelolaan hutan mangrove, dan juga penurunan kasus kebakaran hutan. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.