Indonesia Desak Israel Hormati Status Quo Yerusalem

Jakarta, MINA – Merespon serbuan provokatif ekstrim Yahudi di Kompleks Masjid Al-Aqsa, Pemerintah Indonesia mendesak Israel untuk menghormati Yerusalem.

“Hentikan segala tindakan yang semakin memperkeruh kondisi keamanan di Kawasan,” kata Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI seperti dikutip dari  pernyataannya di Twitter @Kemlu_RI, Sabtu (29/7).

Indonesia juga mengecam keras aksi provokasi yang dipimpin oleh Menteri Israel itu. Kemlu menegaskan, aksi tersebut sebagai pelanggaran hukum internasional dan status quo Yerusalem.

“Untuk kesekian kalinya, Israel melakukan aksi provokasi yang dapat memperburuk stabilitas dan situasi keamanan di Kawasan,” kata Kemlu.

Indonesia menekankan kembali pentingnya proses perdamaian -Israel berdasarkan solusi dua negara, sesuai parameter internasional.

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Menghayati Makna Ibadah  

Sebelumnya, Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir, dan sekelompok pemukim, Kamis (27/7), mengunjungi Masjid Al-Aqsa di tengah meningkatnya ketegangan antara tentara pendudukan dan Palestina di Tepi Barat.

Kunjungan tersebut adalah yang ketiga kalinya bagi Ben-Gvir ke situs tersebut, sejak menjadi menteri di pemerintahan sayap kanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Menteri Israel  itu bergabung dengan ratusan orang Yahudi yang mengunjungi kompleks Masjid Al-Aqsa untuk menandai hari raya Yahudi Tisha B’Av. Itu adalah hari berkabung dan pertobatan ketika orang Yahudi merenungkan penghancuran Kuil Pertama dan Kedua, peristiwa penting dalam sejarah Yahudi. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.