INDONESIA DIPERKIRAKAN ALAMI DEFISIT ANGGARAN TERTINGGI TAHUN INI

Menkeu Sumantri Brojonegoro
Bambang Brojonegoro

Jakarta, 16 Shafar 1437/28 November 2015 (MINA) – anggaran Indonesia diperkirakan akan mencapai 2,7 persen dari PDB tahun ini menurut “skenario terburuk,” seorang menteri menyatakan di Jakarta, Jumat.

Defisit tersebut akan menjadi batas tertinggi yang diperbolehkan hukum negara, kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Menurut UU yang berlaku, defisit anggaran pemerintah dapat mencapai sebesar 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Tingkat 2,7 persen dari PDB adalah skenario terburuk,” yang akan terjadi jika penerimaan pajak gagal mencapai target yang ditetapkan, katanya.

Penerimaan pajak kemungkinan hanya mencapai 85-87 persen dari target tahun ini, demikian laporan Mi’raj Islamic News Agency (MINA) mengutip Xinhua.

Awal bulan ini, seorang pejabat Kementerian Keuangan memperkirakan pemerintah akan mengalami defisit fiskal setara dengan 2,59 persen dari PDB nasional.

Negara kuat lainnya di kawasan Asia Tenggara juga mengalami masalah serupa. Malaysia tahun lalu menghadapi defisit hingga 3,9 persen, Filipina 1,4 persen, sementara Singapura 1,1 persen. Thailand yang mengalami gonjang-ganjing politik dalam negeri ternyata angka defisitnya lebih kecil, hanya 0,7 persen. (T/R07/R01)

Mi’raj Ilamic News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0