Indonesia – Italia Miliki Peran Penting Dukung Toleransi Umat Beragama

Bangkok, 14 Muharam 1437/15 Oktober 2016 (MINA) – Dalam upaya mempromosikan dan penanggulangan terorisme, dan memiliki kerja sama dalam bentuk Konferensi Dialog Lintas Agama, demikian keterangan pers Kementerian Luar Negeri, Sabtu.

Dinyatakan, Italia dan Indonesia memegang peran penting dalam mendukung toleransi antara umat beragama, mengingat Italia yang saat ini memiliki komunitas Islam yang terus berkembang. Di sisi lain, kedua pihak juga setuju pentingnya peran perempuan dalam menyebarkan nilai-nilai toleransi, sehingga pendidikan bagi perempuan adalah krusial.

Hal tersebut dibahas dalam pertemuan bilateral Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno L.P Marsudi dengan Wakil Menlu Republik Italia, H.E. Della Vedova, di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN-EU ke-21 di Bangkok, Thailand.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Italia menyampaikan undangan Presiden Italia kepada Presiden RI untuk berkunjung ke Italia.

Pada pertemuan bilateral tersebut, kedua Menlu membahas kerja sama ekonomi bilateral baik dalam perdagangan maupun investasi. Dalam kerja sama perdagangan, Italia mengundang Indonesia untuk menjajaki lebih lanjut di bidang furniture dan leather goods dari Italia.

Indonesia juga menyampaikan apresiasi terhadap Italia yang telah mendukung produk CPO Indonesia, dengan nilai perdagangan USD 1,03 milyar atau sekitar 36 persen dari ekspor CPO Indonesia ke Eropa.

“Mengingat besarnya ekspor CPO Indonesia ke Italia tidak saja menjadikan pasar Italia penting bagi pengembangan perdagangan produk CPO tetapi juga diharapkan dapat menjadi jembatan akses pasar ke negara-negara anggota Uni Eropa lainnya”, demikian Menlu RI menjelaskan.

Italia masih merupakan salah satu kekuatan ekonomi terbesar di Euro Zone dan terkenal dengan produk 3F’s (food, fashion, furniture). Italia merupakan mitra dagang terbesar ke-19 bagi Indonesia, dengan total perdagangan bilateral: mencapai US$ 1,7 milyar (Jan-Jul 2016) dan sekitar US$ 3,24 milyar pada 2015.

Investasi Italia di Indonesia berada pada peringkat ke-16, dengan nilai US$ 15 juta (27 proyek) di triwulan pertama 2016, dan US$ 104,1 juta ( 118 proyek) pada 2015.(T/P008/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.