Indonesia Kalahkan Australia di Piala Asia U-23 2024

Komang Teguh cetak gol ke gawang Australia pada Piala Asia U-23 2024, di Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024). (Foto: PSSI)

Doha, MINA – Timnas U-23 Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Australia dengan skor tipis 1-0 pada pertandingan matchday kedua Grup A 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (18/4).

Dengan hasil ini membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak 8 besar.

Gol tunggal Indonesia dicetak oleh Komang Teguh pada menit ke-45. Selain itu, pada laga ini kiper Ernando Ari menjadi pahlawan Indonesia karena berkali-kali menggagalkan sejumlah peluang emas Australia termasuk penalti dari mereka.

Dalam kemenangan ini, skuad garuda muda tampil cemerlang bermain 100+ menit, dengan cleansheet tanpa kebobolan.

Hasil tersebut menjadi kemenangan krusial usai kekalahan kontroversial dari tuan rumah Qatar, Senin lalu, membangkitkan moral tim Merah Putih yang kini menempati peringkat dua grup dengan mengumpulkan tiga poin.

Tim Merah Putih naik ke posisi kedua klasemen sementara grup A dengan tiga poin. Jumlah poinnya sama seperti Qatar, tetapi kalah selisih gol. Adapun Australia turun ke peringkat keempat dan peringkat ketiga dihuni Yordania yang sama-sama mengoleksi satu poin.

Situasi tersebut membuat peluang tim asuhan Shin Tae-yong melenggang ke babak delapan besar terbuka lebar. Selanjutnya, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan akan menghadapi laga pamungkan melawan Yordania di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha pada Ahad, 21 April 2024 mendatang.

Sebelumnya, sempat kalah 0-2 dari Qatar pada laga pembuka yang diwarnai kartu merah kontroversi, sementara Australia ditahan Yordania.

Skuad Garuda Muda ditargetkan oleh PSSI minimal lolos dari fase grup atau tampil di perempat final (8 besar). Bahkan, Indonesia diharapkan mampu melaju setidaknya sampai semifinal untuk memperebutkan satu tiket ke Olimpiade Paris 2024 nanti.(L/R11/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.