Indonesia-Pakistan Sepakat Bantu Perdamaian Palestina dan Timur Tengah

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (kanan)dan Presiden Pakistan Mamnun Hussain (kiri). Foto: Nidiya/MINA
Presiden Republik Joko Widodo (kanan)dan Presiden Mamnun Hussain (kiri). Foto: Nidiya/MINA

Jakarta, 28 Jumadil Awwal 1437/7 Maret (MINA) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Pakistan Mamnun Hussain mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela KTT Luar Biasa OKI ke-5 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) 6-7 Maret.

Pada kesempatan tersebut, kedua presiden bersepakat mengenai peranan yang lebih besar negara-negara Islam untuk membantu perdamaian dan juga di Timur Tengah.

“Selain itu, kita juga bersepakat untuk bekerjasama menyuarakan perdamaian dan toleransi dan moderasi, serta bersepakat meningkatkan kerjasama ekonomi,” ujar Presiden Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi menjelaskan, kedua negara menginginkan adanya kerjasama di bidang counter terrorism dan ekstrimisme. “Presiden Pakistan mengundang saya untuk lebih serius lagi menggarap bidang-bidang kerja sama yang lebih detail,” jelas Presiden Jokowi.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar dengan Pakistan yang memiliki total penduduk Muslim terbesar ketiga di dunia mempunyai peranan besar dalam memproyeksikan nilai-nilai universal Islam sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin, demokratis, toleran dan cinta damai.

Indonesia dan Pakistan bekerjasama dalam kerangka Bali Process untuk mencari solusi mengenai irregular migrant. (L/P008/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.