GERAKAN SHALAT SUBUH BERJAMAAH NASIONAL DI LEBIH 25 MASJID KAMPUS DI INDONESIA

(Foto: Pejuang Subuh)
Acara Grand Launching Gerakan Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Depok, 14 Oktober 2015.(Foto: Pejuang Subuh)

Depok, 1 Muharram 1437/14 Oktober 2015 (MINA) – Acara Peluncuran digelar di lebih dari 25 kampus se-Indonesia, pada hari Tahun Baru Hijriah 1437, Rabu 1 Muharram pagi.

Gerakan shalat subuh berjamaah nasional yang bertemakan “Dari Masjid Kampus Peradaban ini Bangkit” diagendakan dilaksanakan setiap bulan di masjid-masjid kampus di seluruh Indonesia.

Di Universitas Indonesia (), Grand Launching Gerakan Subuh Berjamaah Nasional digelar di Aula Utama Masjid Ukhuwah Islamiyah UI, Depok.

Acara yang pertama diadakan dalam rangka membuka gerakan rutin  menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid kampus UI.

Acara yang berlangsung selama dua jam itu dari mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB diawali dengan shalat tahajud berjamaah, lalu shalat subuh berjamaah.

Rektor UI Muhammad Anis menghadiri acara tersebut disertai dengan civitas academica UI lainnya seperti dosen, karyawan, serta mahasiswa.

Setelah shalat shubuh berjamaah dilaksanakan kajian Tafsir Jalalain yang disampaikan Ketua Badan Pelaksana Masjid UI, Dr. Muhammad Luthfi Zuhdi yang membahas mengenai tafsir Al-Qur’an surat Al-Fatihah.

Acara itu ditutup dengan presentasi dari Komunitas Pejuang Subuh, doa bersama, serta penggalangan dana untuk korban kabut asap di wilayah Indonesia dan sekitarnya.

Di Universitas Mulawarman (), kegiatan gerakan itu digelar pada 13-14 Oktober dimulai dengan Shalat Isya Berjamaah. Gerakan di Unmul dipusatkan di Masjid Al-Fatihah dan dilaksanakan Oleh UKM Pusdima Unmul bekerjasama dengan FSLDK Kaltim-Kaltara dan 16 Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) yang ada di Unmul.

Selain Masjid Ukhuwah Islamiyah UI dan Masjid Al-Fatihah Unmul, sebagai pelopor Grand Launching Gerakan Shalat Subuh Berjamaah juga digelar di Masjid Kampus UNDIP (UNDIP), Masjid Al-Muhtadin (UNTAN), Masjid Salman ITB (ITB), Masjid Syamsul Ulum (Telkom University), Masjid Al-Hurriyah (IPB), Masjid Al-Wasii UNILA (UNILA), Masjid Salahudin Al-Ayyubi (NF), Masjid Darussalam (IAIN Palangkaraya), Masjid Manarul Imli (ITS), Masjid Ulul Albab (UNNES), Kopelma Darussalam (UNSYIAH), dan Masjid Nurul Huda (UNS) sebagai pusatnya. (L/P007/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0