Indonesia Raih Peringkat Teratas Keuangan Islam Global

Indonesia Raih Peringkat Teratas Keuangan Islam Global (foto: dok/Bappenas)

Jakarta, menempati peringkat teratas dalam hal kepemimpinan dan potensinya dalam perbankan serta keuangan Islam global pada Global Islamic Finance Report () 2019.

Alhamdulillah, suatu hal yang membanggakan, mengingat tahun lalu kita berada di peringkat keenam,” ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam acara Penyerahan GIFR 2019 Award yang bertemakan Fintech, Artificial Intelligence and Innovation in Islamic Finance, di Jakarta pada Kamis (17/10).

Indonesia meraih posisi tersebut dengan skor 81,93 dengan menyalip negara GCC dan Malaysia yang mendominasi peringkat atas sejak 2011.

Bambang mengatakan, capaian itu merupakan pengakuan atas usaha bersama semua pihak, baik pemerintah, pelaku usaha, akademisi, dan dalam mewujudkan Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah (MAKSI) dan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI).

Baca Juga:  Al-Fatah Rescue Beri Pembekalan Bantuan Hidup Dasar di SDI As-Shafa Depok

GIFR merupakan laporan tahunan yang dipublikasikan Cambridge Institute of Islamic Finance (Cambridge-IIF) dan diproduksi oleh Cambridge IFA, sebuah insitusi think tank global untuk industri perbankan dan keuangan yang berbasis di Inggris.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Director General of Cambridge-IIF Humayon Dar kepada sekaligus sebagai Sekretaris Dewan Pengarah Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

Humayon Dar membeberkan beberapa faktor yang mendorong Indonesia ke peringkat teratas. Di antaranya perkembangan regulasi yang diikuti oleh peningkatan ekosistem industri perbankan dan keuangan syariah, dukungan politik yang kuat dari pemerintah serta juga potensi besar yang ditawarkan ekonomi syariah.

“Populasi Indonesia menempati porsi 13 persen dari total penduduk Muslim global atau setara dengan 215 juta jiwa. Potensi besar ini disadari pemerintah, maka itu dibentuklah KNKS melalui Peraturan Presiden No. 91 Tahun 2016, dan dipimpin langsung oleh Presiden,” ujarnya. (L/Sj/RI-1)

Baca Juga:  Tanda-Tanda Israel Kiamat!

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.