Iran: AS dan Israel Dukung “Teroris” di Timur Tengah

Ali Akbar Velayati, Penasihat Senior Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei (kiri) bertemu Sekjen Hizbullah Lebanon Hassan Nasrallah di Beirut, Jumat, 3 November 2017. (Foto: IRNA)

 

Beirut, MINA – Seorang pejabat senior Iran mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS), Israel dan negara-negara tertentu di Timur Tengah, mendukung “teroris” di kawasan tersebut.

“Teroris dan gerakan ekstremis didukung oleh AS, Zionis dan beberapa negara regional yang tidak menginginkan stabilitas, keamanan, independensi dan persatuan antar negara-negara regional,” kata Ali Akbar Velayati, Penasihat Senior Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei dalam urusan internasional.

Ia mengatakan dalam sebuah pertemuan dengan Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri di Beirut pada Jumat (3/11). Demikian Press TV memberitakannya yang dikutip MINA.

Dia menekankan bahwa semua kelompok “teroris” di wilayah tersebut akan dieliminasi dalam waktu dekat.

Dia mengatakan bahwa Iran menyambut baik stabilitas dan kemerdekaan Lebanon.

Dia juga sangat mendukung rencana pembentukan sebuah pemerintahan koalisi dengan Hizbullah, kelompok perlawanan yang sangat didukung oleh Iran.

“Pembentukan sebuah pemerintahan koalisi tidak diragukan lagi merupakan keberhasilan bagi semua rakayat Lebanon,” katanya.

Selain menghadiri konferensi internasional persatuan ulama di ibu kota Lebanon, ia juga mengadakan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayyid Hassan Nasrallah.

Menurutnya, AS bermaksud untuk membagi Suriah, tapi Iran dan Lebanon sepakat bahwa Washington akan gagal mencapai tujuan itu. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)