Israel Larang Bahan Bakar Masuk ke Gaza

, MINA – Seorang Pejabat Keamanan Palestina Ahad (14/10), mengatakan mencegah masuknya termasuk pengiriman yang didanai Qatar, ke Jalur Gaza.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman memerintahkan pemberhentian pengiriman bahan bakar ke wilayah Palestina setelah adanya aksi protes di perbatasan Gaza, di mana tujuh warga Palestina tewas dan puluhan lainnya terluka.

Surat Kabar Israel Haaretz, melaporkan pejabat keamanan Israel menentang keputusan Lieberman untuk menghentikan pengiriman bahan bakar ke daerah pantai tersebut, demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA, Senin (15/10).

Para pejabat Israel yakin bahwa tidak mungkin untuk menekan Hamas yang memimpin wilayah Gaza, dan menghentikan semua pengiriman tanpa memperburuk situasi kemanusiaan di wilayah tersebut.

Pekan lalu, Haaretz melaporkan kesepakatan dengan pemerintah Qatar telah dicapai, dimana Qatar setuju untuk membiayai pengadaan bahan bakar untuk Gaza.

Jalur Gaza telah menderita di bawah blokade Israel sejak 2007, ketika Hamas mengambil alih Jalur Gaza.

Lebih dari 200 warga Palestina tewas dan ribuan lainnya terluka akibat serangan tentara Israel dalam unjuk rasa anti pendudukan di sepanjang perbatasan Gaza sejak akhir Maret.

Para pengunjuk rasa menuntut diakhirinya blokade Israel di Gaza dan “hak untuk kembali” ke rumah dan kampung halaman mereka di Palestina, penduduk Palestina diusir dari tempat tinggal mereka untuk berdirinya sebuah negara Israel pada 1948.  (T/R03/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.