Israel Tunda Invasi Darat ke Gaza

Tel Aviv, MINA – Otoritas setujuh untuk menunda invasi ke atas permintaan . penundaan tersebut dilakukan sampai lebih banyak pasukan Amerika Serikat dikerahkan ke wilayah tersebut, lapor radio tentara Israel.

Amerika Serikat mengatakan, tak lama setelah konflik yang sedang berlangsung dimulai, mereka akan mengerahkan 2.000 marinir ke bersama dua kapal induk untuk mendukung Israel.

Pada akhir pekan ini, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengaku menempatkan pasukan tambahan berdasarkan perintah persiapan penempatan setelah sebelumnya menempatkan 2.000 tentara dalam kondisi kesiapan yang tinggi, demikian Middle East Eya melaporkan.

“Amerika Serikat telah menyampaikan kepada Israel niatnya untuk mengerahkan pasukan Amerika tambahan ke Timur Tengah, sebagai kesiapan untuk , karena kekhawatiran atas meningkatnya serangan terhadap pasukannya di wilayah tersebut,” menurut laporan tersebut.

Baca Juga:  MER-C: RS Indonesia Kembali Beroperasi Pekan Ini

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dalam keterangan pers pada Ahad (22/10), menyatakan bahwa Amerika Serikat “mengantisipasi peningkatan perang antara Israel dan Hamas, karena keterlibatan proksi Iran.”

Radio Tentara Israel menjelaskan: “Para pejabat Israel menekankan bahwa ini bukanlah satu-satunya alasan penundaan operasi; ada faktor-faktor lain yang berperan, seperti meningkatkan kesiapan operasional pasukan, serta mencari solusi terhadap masalah para tawanan dan potensi perjanjian pembebasan tahanan tambahan.”

Meskipun Israel telah mengisyaratkan kemungkinan melakukan operasi darat di selama beberapa hari, militer Israel terus melanjutkan serangan udara tanpa henti di Jalur Gaza.

Sebuah laporan oleh The New York Times yang mengutip para pejabat AS juga mengatakan pemerintah AS telah menyarankan Israel untuk menunda invasi darat ke Gaza.  (T/R4/P2)

Baca Juga:  RS Indonesia di Gaza Utara kembali Beroperasi

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.