Israel Tunjuk Duta Besar Untuk Turki

Foto: Duta Besar Israel untuk Turki Irit Lillian (MEMO)

Tel Aviv, MINA – Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengatakan, Israel telah menunjuk duta besar barunya untuk Turki, Irit Lillian.

“Ini adalah langkah penting lainnya dalam memperbaiki hubungan dengan Turki yang telah kami kerjakan selama setahun terakhir,” tulis Lapid di akun twitternya. MEMO melaporkan, Senin (3/10).

Lillian akan menjadi duta besar Israel pertama di Ankara sejak 2018, ia menjabat sebagai Kuasa Usaha Kedutaan Besar Israel selama dua tahun terakhir. Sebelum itu sebagai Duta Besar Israel untuk Bulgaria dari 2015 hingga 2019.

Hubungan Israel-Turki telah terputus beberapa kali selama dekade terakhir karena agresi berulang Israel terhadap Palestina dan tempat-tempat suci Islam di Yerusalem yang diduduki.

Kedua negara masing-masing mengusir duta besarnya pada tahun 2018 atas pembunuhan enam puluh warga Palestina oleh pasukan Israel selama protes di pagar timur Gaza menentang relokasi Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem yang diduduki.

Namun, hubungan mulai membaik dalam beberapa bulan terakhir. Pada Agustus, Turki dan Israel sepakat untuk memulihkan penuh dan mengangkat kembali duta besar dan konsul jenderal.

Bulan lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Lapid di sela-sela Majelis Umum PBB di New York dalam pembicaraan tatap muka pertama di tingkat itu sejak 2008. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.