ITALIA SELAMATKAN 700 IMIGRAN GELAP YANG LARI DARI LIBYA

Penjaga pantai Italia berusaha menyelamatkan migran yang berjuang menyeberangi Laut Mediterania. (Foto: AA)
Italia berusaha menyelamatkan yang berjuang menyeberangi Laut Mediterania. (Foto: AA)

Roma, 25 Rabi’ul Akhir 1436/15 Februari 2015 (MINA) – Kapal-kapal Italia menyelamatkan 700 imigran ilegal dari yang berusaha mencapai Italia  , ketika Pemerintah Italia bersiap menghadapi eksodus massa yang sudah diantisipasi seiring meningkatnya kerusuhan di negara Afrika itu.

Penjaga pantai menerima panggilan darurat pertama melalui telepon satelit pada Jumat malam (13/2) dari sebuah perahu kecil yang membawa migran, tatkala perahu itu dalam kesulitan, 30 km dari Tripoli.

Tapi kapal penjaga pantai dan dua kapal pedagang Italia yang menuju ke tempat kejadian menemukan enam kapal kecil lainnya yang dipenuhi oleh migran, Anadolu Agency melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency, Ahad.

Semuanya ada 700 orang diselamatkan dari laut.

Sumber-sumber intelijen Italia mengatakan, ribuan orang lainnya berencana mencoba melarikan diri dari Libya di jam berikutnya, karena situasi di Libya kian memburuk.

Gelombang imigran Libya yang berani memilih pelayaran berisiko kematian menuju Italia, menimbulkan tantangan besar bagi penjaga pantai dan angkatan laut Italia.

Kondisi cuaca yang baik menggoda warga Libya mengambil risiko pelayaran di laut Mediterania.

Para pejabat terkait melaporkan, pada bulan Januari 2015, sebanyak 3.538 orang berhasil diselamatkan oleh kapal-kapal Italia di laut antara Libya dan Italia itu, dibandingkan dengan 2.171 di bulan pertama 2014.

Munculnya jaringan kelompok bersenjata Negara Islam atau ISIS di Libya, menciptakan kekhawatiran di otoritas Italia.

Menteri Luar Negeri Italia Paolo Gentiloni mengatakan, negaranya siap mengirim pasukan ke bekas koloninya itu jika ada otorisasi dari PBB. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0