Jamaah Haji Tertua Asal Indonesia Diberitakan Media Asing

Baiq Mariah (104) jamaah tertua asal Indonesia diberitakan media asing. Foto: Istimewa

Jeddah, MINA – Seorang jamaah haji berasal dari embarkasi Lombok, Indonesia menjadi sorotan media asing karena dinobatkan sebagai jamaah yang memiliki umur paling tua.

Koran harian berbahasa Inggris Arab News memberitakan, Baiq Mariah wanita berumur 104 tahun menjadi yang tertua dari 221.000 jamaah haji asal Indonesia.

“Kondisi kesehatan Mariah baik, dan siap mengikuti rangkaian tanpa masalah,” kata Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) M. Hery Saripudin kepada Arab News di Jeddah, Kamis (17/8).

Ia menambahkan, Mariah akan tiba di tanah suci pada Sabtu mendatang dan akan mendapat pengawalan khusus dari petugas haji Kementerian Agama RI.

Masih dari berita yang disiarkan Arab News, jamaah Haji Indonesia sendiri ada sekitar 1 juta yang terdaftar akan berangkat dengan waktu tunggu rata-rata enam tahun.

Untuk jamaah haji Indonesia sendiri rata-rata berusia lanjut yang setiap orangnya memiliki pendamping khusus dari petugas haji Indonesia.

Saat ini sudah ada 20 jamaah yang berasal dari Indonesia wafat di tanah suci. “Selain konsul haji yang bertugas di kantor konsulat di Jeddah, kami memiliki dua kantor haji lagi di Makkah dan Madinah untuk membantu jamaah haji Indonesia,” kata Hery. (R/R08/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.