Jepang Berikan Bantuan Kemanusiaan Tambahan Untuk Yaman

Aden, 7 Jumadil Awwal 1438/5 Februari 2018 (MINA) – Pemerintah Jepang  akan memberikan hibah tambahan kepada Yaman, total senilai 42 juta dolar AS, melalui organisasi PBB, Komite Palang Merah Internasional (ICRC) dan organisasi non-pemerintah di Jepang.

Pengumuman ini datang pada pertemuan Abdulmalik Al-Mekhlafi pada hari Sabtu dengan untuk Yaman Katsuyoshi Hayashi

Mekhlafi mengungkapkan rasa terima kasih Pemerintah Yaman untuk peran Jepang dalam mendukung Yaman, seperti dilaporkan International Islamic News Agency (IINA) yang dikutip MINA.

Sementara itu, Duta Besar Jepang menyatakan dukungan negaranya untuk pemerintah Yaman dan  untuk uoaya memulihkan negara Yaman. “Kami juga ingin kembalinya keamanan dan stabilitas di seluruh bagian Yaman,” katanya.

Pada 27 Mei 2015 lalu Pemerintah Jepang juga telah mengumumkan bahwa mereka memperpanjang hibah bantuan darurat tambahan sebesar 2,4 juta dolar AS untuk membantu  di dalam negeri dan pengungsi Yaman di beberapa negara termasuk Djibouti dan Somalia.

Bantuan tersebut akan diberikan melalui Komite Internasional Palang Merah (ICRC), International Organization of Migration (IOM) dan Kantor Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) dan akan mencakup obat-obatan dan makanan.

Jepang juga akan ambil bagian dalam operasi evakuasi warga asing di Yaman, yang diperkirakan meliputi 16.000 orang.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang, Jepang telah memberikan Yaman sekitar  40 juta dolar AS sejak krisis kemanusiaan mulai memburuk dan Huthi mengambil alih ibukota pada bulan September 2015. (T/R13/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.