Ratusan Ribu Warga Yaman Demo Kecam Serangan Koalisi Saudi

Sana’a, 18 Dzulqa’dah 1437/21 Agustus 2016 (MINA) –Ratusan ribu pada Sabtu siang (20/8) berkumpul di ibukota Yaman, Sana’a, mengecam serangan koalisi pimpinan Saudi terhadap warga setempat.

Seperti dilaporkan Daily Sabah, para demonstran tampak melambaikan bendera nasional dan meneriakkan slogan-slogan mendukung 10 Anggota Dewan Politik Agung (the Supreme Political Council) yang baru dibentuk Juli lalu oleh kelompok bersenjata Houthi dan sekutu setia mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh.

Ketua Dewan Politik, Saleh Al-Samad, mengatakan akan memutuskan pemerintahan baru dalam “beberapa hari mendatang”.

Dewan dibentuk setelah pembicaraan damai di Kuwait berakhir dan tidak meyakinkan antara Houthi dan delegasi Saudi pendukung Presiden Hadi.

Aksi longmarch muncul sepekan setelah Parlemen bertemu dengan Pimpinan Houthi di Sana’a untuk pertama kalinya sejak awal perang saudara di Yaman hampir dua tahun lalu.

Dari langit udara Yaman, terlihat pesawat-pesawat tempur koalisi Saudi menyerang jalan-jalan di sekitar Tahrir Square di dekat kerumunan massa. Namun tidak ada korban yang dilaporkan.

Sementara itu, Legislatif Yaman menyetujui putusan Dewan Politik, meskipun ada peringatan dari Hadi, yang memimpin pemerintahan di pengasingan.

Ibukota Sana’a berada di bawah kontrol Houthi sejak September 2014.

Konflik Yaman telah meningkat sejak Maret 2015 ketika kelompok Houthi maju ke kota selatan Aden, mendorong koalisi Arab Saudi untuk memulai kampanye serangan udara.

Saudi khawatir pengaruh Houthi yang dekat dengan Iran akan memberikan Iran, saingan regional mereka, akan mendapatkan pijakan strategis di Semenanjung Arab.

Hampir 10.000 orang telah tewas di Yaman sejak akhir Maret 2015, ketika koalisi Saudi yang didukung Amerika Serikat meluncurkan kampanye serangan udara ke Yaman, dalam upaya untuk menghancurkan kekuatan Houthi dan memulihkan pemerintahan Hadi. (T/P4//P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://dailysabah.com/mideast/2016/08/20/hundreds-of-thousands-march-in-yemens-sanaa-supporting-houthis-and-allies-condemn-saudi-strikes

http://presstv.ir/Detail/2016/08/20/480887/Saudi-warplanes-strike-mass-rally-in-Yemeni-capital

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.