Jika Terbukti Lalai, Persib Bakal Terima Sanksi

Jakarta, MINA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melakukan rapat tertutup bersama Exco PSSI untuk membahas insiden pengeroyokan terhadap seorang suporter Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang berujung kematian pada Ahad (23/9) kemarin.

Dalam rapat itu diketahui sejumlah rekomendasi sanksi yang bakal diterima Persib Bandung apabila klub kebanggaan ibu kota Jawa Barat (Jabar) itu terbukti lalai dalam mengawasi dalam mengamankan situasi sebelum dan sesudah pertandingan.

“PSSI tidak bisa memutuskan (sanksi) suatu persoalan karena dalam organisasi ada Komdis, Komdis akan segera sidang, tapi PSSI dan Exco dapat memberikan rekomendasi ke Komdis,” ujar Ketum PSSI Edy Rahmayadi pada konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (25/9).

Edy mengatakan, PSSI dan Exco akan memberikan rekomendasi di dalam sidang Komdis. Rekomendasi-rekomendasi berupa sanksi paling rendah yaitu teguran, denda finansial sampai didiskualifikasi (dari Liga 1 Indonesia).

“Kita akan segera menindaklanjuti yang sudah kita terima dari tim verifikasi dalam rangka mencari fakta apa sebenarnya yang terjadi,” kata Edy.

Edy mengatakan, pihaknya menerima laporan bahwa kejadian berada di garis batas pagar kedua yang notabene tempat untuk masuk garis pagar satu. Sementara garis pagar satu itu hanya orang yang memiliki tiket. Insiden pengeroyokan berada di pagar ke dua.

“Kejadian tepat waktunya jam 13.00 WIB. Sedangkan pertandingan bola baru dimulai jam 16.00 WIB. Kejanggalan ini yang masih kami perdebatkan dan atas dasar itu dilakukan investigasi lanjutkan dalam rangka mencari fakta,” katanya. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)