Kataib Hizbullah Irak Siap Persenjatai Pejuang Yordania Melawan Israel

Kataib Hizbullah Irak menyatakan siap mempersenjatai puluhan ribu pejuang perlawanan di Yordania untuk melawan Israel. (Foto: ISW News)

Baghdad, – Kataib Hezbollah, sebuah faksi pro-Iran di , menjanjikan dukungannya terhadap perjuangan Palestina dengan menyatakan kesiapannya “untuk mempersenjatai ” untuk melawan .

Dikutip dari The New Arab pada Kamis (4/4), Abu Ali al-Askari, seorang pejabat keamanan terkemuka dalam faksi tersebut, mengumumkan melalui Telegram pada Senin lalu (1/4) bahwa mereka “siap mempersenjatai para pejuang Yordania”.

Klaim ini, jika benar, dianggap sebagai peningkatan signifikan ketegangan regional di tengah perang Israel di Jalur yang terkepung.

Perlawanan Islam di Irak, yang diwakili oleh dan milisi lainnya yang bersekutu dengan Iran, berkomitmen untuk memasok 12.000 pejuang di Yordania dengan berbagai persenjataan, mulai dari senjata ringan dan menengah hingga roket taktis, amunisi, dan bahan peledak.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, UI Gelar Perkemahan Solidaritas Palestina

Keputusan itu, yang dibingkai dalam konteks pembentukan front baru untuk meningkatkan dukungan bagi Gaza melawan agresi Israel, menggarisbawahi “solidaritas tak tergoyahkan kelompok tersebut terhadap saudara-saudara mereka di Palestina”.

Waktu pengumuman itu bertepatan dengan bangkitnya kembali protes di luar Kedutaan Israel di Amman, Yordania, menentang perang Israel yang tiada henti di Gaza.

Meskipun ada upaya diplomatik yang dilakukan Yordania untuk menengahi gencatan senjata dan memberikan bantuan ke Gaza, para demonstran telah meningkatkan tuntutan mereka, termasuk seruan untuk penghentian “jembatan darat” yang memfasilitasi perdagangan antara Yordania dan Israel.

Al-Askari menekankan bahwa mereka akan menerjemahkan kata-kata mereka menjadi tindakan dengan persetujuan yang memadai dari atau Jihad Islam dan akan mulai dengan “memutus jalur darat yang menghubungkan Yordania dengan entitas Zionis”. (T/RI-1/R1)

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.